PKS Jateng Target Menangi Dua Daerah di Pilkada Serentak 2020

Optimis karena kekuatan bertambah

Semarang, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan bisa memenangi minimal dua daerah di Jawa Tengah yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang di Jawa Tengah.

Target tersebut telah diamanatkan dalam Musyarawah Wilayah (Muswil) tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Pilkada 2020, PKS Mungkin Lebih Banyak Koalisi dengan PDIP

1. Target menempatkan dua kadernya di Pilkada serentak 2020

PKS Jateng Target Menangi Dua Daerah di Pilkada Serentak 2020Dok. DPW PKS Jateng

Sesuai amanat Muswil 2019, PKS menargetkan minimal empat kadernya menjadi dua kepala daerah. Target tersebut disampaikan dan dibahas dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) 2019 yang digelar DPW PKS Jawa Tengah, yang digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang.

Untuk saat ini, PKS menempatkan kadernya menjadi kepala daerah di Kota Salatiga dan Kabupaten Sragen.

"Target tersebut merupakan target realistis yang akan diperjuangkan struktur di Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS se-Jateng," kata Ketua DPW PKS Jateng, Abdul Fikri Faqih sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima IDN Times, Sabtu (21/9).

2. Kekuatan PKS di Jawa Tengah diklaim bertambah

PKS Jateng Target Menangi Dua Daerah di Pilkada Serentak 2020IDN Times/Dhana Kencana

Fikri mengklaim bahwa kekuatan PKS di Jateng bertambah seiring bertambahnya jumlah pimpinan DPRD sejumlah daerah.

"Jadi sekarang kita (PKS) mendapatkan 11 pimpinan DPRD, dari yang semula 7 kursi pimpinan menjadi 11. Hal itu tentu menjadi peluang kami untuk bisa dilirik partai untuk berkoalisi," terang Fikri yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi X DPR RI itu.

Terkait komunikasi dengan partai politik lain, saat ini, imbuh Fikri PKS terus melakukan komunikasi untuk penjajakan koalisi Pilkada serantak, yang sedianya akan digelar 23 September 2020.

3. Rakerwil juga membahas soal regenerasi partai

PKS Jateng Target Menangi Dua Daerah di Pilkada Serentak 2020republika.co.id

Lebih lanjut Fikri menyakini bahwa konstelasi politik di daerah lebih cair dibandingkan dengan nuansa politik di tingkat nasional.

"Kita terus komunikasi dengan semua Parpol. Pembahasan Pilkada kota dan kabupaten mana saja yang berpeluang kita mengusung, kita bahas di Rakerwil ini," jelasnya.

Selain pembahasan Pilkada, dalam Rakerwil juga membahas evaluasi perjalanan amanat Muswil 2015, di setiap bidang struktur kepengurusan DPW PKS Jateng. Termasuk membahas mengenai regenerasi di struktur DPW untuk mempersiapkan kepengurusan lima tahun mendatang.

Kegiatan Rakerwil itu menghadirkan seluruh pengurus DPW PKS Jateng, perwakilan DPD PKS se-Jateng dan para anggota DPRD dari PKS se-Jateng.

Baca Juga: Pilkada 2020, Jumlah TPS di Jateng Bakal Dipangkas 50 Persen

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya