Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020

DPC PDIP Solo masukkan ke tim pemenangan Gibran

Surakarta, IDN Times - Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo menyatakan kesiapannya untuk membantu Bakal Calon Wali Kota Surakarta yang diusung PDIP, Gibran Rakabuming Raka jika dibutuhkan sebagai bagian pada tim pemenangan.

"Minta (bantuan) saja belum kok, mintanya (dibantu) apa dulu. Saya siap bantu," katanya di Solo, Jawa Tengah.

1. DPC PDIP Solo usung Purnomo dan Teguh sebagai pasangan calon tunggal

Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. IDN Times/Larasati Rey

Achmad Purnomo adalah rival Gibran dalam perebutan rekomendasi DPP PDIP. Purnomo diusung DPC PDIP Solo bersama Teguh Prakosa sebagai calon tunggal untuk Pilkada Solo 2020.

Sebaliknya, Gibran, yang juga anak pertama Presiden Joko 'Jokowi' Widodo mendaftarkan diri sendiri langsung ke DPP PDIP di Jakarta.

Rekomendasi DPP PDIP akhirnya jatuh ke Gibran yang diumumkan di kantor DPD PDIP Jateng, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Target Raup 61 Persen Suara di Solo, Gibran: Sangat Mudah Tercapai

2. Kesanggupan Purnomo sudah disampaikan Jokowi

Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Purnomo juga mengaku siap jika diminta menjadi penasihat Gibran. Bahkan, kesanggupan itu telah disampaikan kepada Jokowi.

"Pada prinsipnya siapa pun yang memimpin Kota Solo akan saya bantu karena saya mencintai kotanya. Suatu hal yang harus disadari, siapa pun yang jadi wali kotanya tidak bisa tidak mendengarkan masyarakat," tuturnya melansir Antara, Selasa (21/7/2020).

Pasca tak mendapat rekomendasi, ia ingin lebih fokus menyelesaikan masa jabatannya dan setelah itu akan kembali berkecimpung di dunia bisnis.

"Bisnis yang dulu terbengkalai akan saya kembangkan lagi. Saya dari dulu orang swasta, jadi 'bakul' bensin (red: memiliki SPBU), ada penginapan kecil losmen di Yogya, pondokan juga. Saya dan istri sama-sama pekerja," ujarnya.

3. DPC PDIP bakal masukkan Purnomo di tim pemenangan Gibran

Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020IDN Times/Larasati Rey

Meski sempat menelan kekecewaan lantaran gagal tak memperoleh rekomendasi DPP PDIP, Purnomo mengaku tak kapok dalam berpolitik.

"Saya tetap jadi kader PDIP, tetapi sementara ini istirahat dulu, ngopeni (red: menjalankan) perusahaan dulu," katanya.

Terpisah, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta juga sudah berencana melibatkan Achmad Purnomo pada tim pemenangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota pada Pilkada Surakarta.

"Pak Pur akan dilibatkan dalam tim pemenangan, kalau sudah bisa kami ajak komunikasi dengan baik," kata Ketua DPC PDIP Surakarta sekaligus Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.

4. Kondisi Achmad Purnomo saat ini sedang tak baik

Sudah Bilang ke Jokowi, Purnomo Siap Bantu Gibran di Pilkada Solo 2020ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Rudy tak memungkiri jika saat ini Achmad Purnomo sedang dalam kondisi yang tidak baik, mengingat rekomendasi akhirnya jatuh di tangan Gibran Rakabuming Raka. Ia mengatakan kekecewaan tersebut adalah hal yang biasa dan bisa dialami oleh siapa pun.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa merupakan calon tunggal yang diusung PDI-P Surakarta pada Pilkada 2020.

"Sama seperti teman-teman yang lain, yang awalnya dicalonkan tetapi kemudian tidak mendapatkan rekomendasi. Ya manusiawi lah," ujarnya.

Baca Juga: Pilkada 2020, PDIP Perkirakan Gibran Bakal Lawan Kotak Kosong

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya