Temuan Bangunan Kuno di Dieng Ternyata Sebuah Candi

Diketahui ada selasar dan dinding candinya

Banjarnegara, IDN Times - Struktur bangunan yang ditemukan warga di Banjarnegara, Jawa Tengah dipastikan merupakan sebuah candi. Informasi tersebut diperkuat usai Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah melakukan peninjauan ke lokasi yang ditemukan pada 17 Januari 2020 di kawasan Dieng Kulon.

Baca Juga: Fakta Terbaru Penemuan Bangunan Kuno Mirip Candi di Dieng

1. BPCB menetapkan temuan berupa candi

Temuan Bangunan Kuno di Dieng Ternyata Sebuah CandiTim BPCB Jawa Tengah meninjau temuan bangunan candi di Dieng Kulon, Banjarnegara. Dok. Aryadi Darwanto

Peninjauan dilakukan langsung oleh Ketua Unit Dieng BPCB Jawa Tengah, Eri Budiarto, Selasa (21/1) siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Eri melakukan peninjauan di lokasi ditemukannya struktur bangunan yang diduga sebuah candi.

Usai melakuan pengamatan dan dokumentasi terhadap temuan tersebut, disimpulkan bahwa struktur bangunan yang ada di lahan milik warga itu merupakan sebuah candi.

"Kira-kira besok candi baru ini diberi nama apa ya," kata Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara, Aryadi Darwanto.

2. Ada selasar candi yang ditemukan BPCB

Temuan Bangunan Kuno di Dieng Ternyata Sebuah CandiSelasar candi yang ditemukan di Dieng Kulon, Banjarnegara. Dok. Aryadi Darwanto

Aryadi yang ikut ke lokasi menuturkan bahwa struktur bangunan itu ditetapkan sebagai canti lantaran terdapat 10 lapis batu pada bangunan. Selain itu bagian teratas diketahui merupakan selasar dengan profil penampil atau berupa kaki candi.

"Selasar merupakan bagian teratas kaki candi yang menghubungkan ke bagian tubuh candi," imbuh Aryadi dikutip IDN Times.

3. Ada temuan dinding candi mirip Candi Srikandi

Temuan Bangunan Kuno di Dieng Ternyata Sebuah CandiDinding bangunan candi yang ditemukan di Dieng Kulon, Banjarnegara. Dok. Aryadi Darwanto

Di lokasi turut ditemukan bagian atap candi. Termasuk yang paling mengejutkan adalah ditemukannya banyak batu-batu yang menjadi bagian dinding candi.

"Batu-batu bagian dinding candi itu diasumsikan dengan dinding Candi Srikandi bagian dalam yang seperti di poles dengan bahan berwarna kuning atau disebut lapirsan Bajralepa (red: plester atau pelapis untuk membuat relief pada candi)," ungkap Aryadi dalam akun media sosialnya.

4. Jumlah candi di Dieng menjadi 10

Temuan Bangunan Kuno di Dieng Ternyata Sebuah CandiTim BPCB Jawa Tengah meninjau temuan bangunan candi di Dieng Kulon, Banjarnegara. Dok. Aryadi Darwanto

Aryadi menambahkan bahwa dalam waktu dekat BPCB akan melakukan ekskavasi temuan struktur bangunan tersebut.

Ditambahkannya pula, dengan temuan itu, jumlah candi yang ada di kawasan Dieng bertambah satu, dan secara keseluruhan saat ini berjumlah 10 candi.

Baca Juga: Instagramable, 7 Candi di Jawa Tengah Ini Patut Kamu Kunjungi

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya