Terpancing Isu Gempa dan Tsunami Menerjang Cilacap, Warga Mengungsi

Mereka sudah kembali ke rumah setelah mendapatkan pengarahan

Cilacap, IDN Times - Sejumlah warga Cilacap, Jawa Tengah mengungsi pasca viralnya pemberitaan akan adanya gempa dan tsunami besar bermagnitudo di atas 8,7 di kawasan pesisir selatan Jawa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah telah mengonfirmasi kebenaran hal tersebut.

1. Gencar edukasi kepada masyarakat

Terpancing Isu Gempa dan Tsunami Menerjang Cilacap, Warga MengungsiANTARA FOTO/Nasdi

Isu terkait akan terjadinya gempa dan tsunami besar hingga saat ini masih beredar di kalangan masyarakat bawah. BPBD Cilacap masih terus fokus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, agar semakin cerdas dalam membaca informasi.

Selain itu juga diberikan pemahaman dalam menerima informasi dari sumber yang kredibel.

Baca Juga: Potensi Gempa dan Tsunami di Selatan Jawa, BPBD Jateng: Jangan Panik

2. Gandeng kader penyuluh

Terpancing Isu Gempa dan Tsunami Menerjang Cilacap, Warga MengungsiANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Meskipun situasi sudah sangat kondusif, BPBD Cilacap masih terus melakukan sosialisasi kepada tokoh masyarakat (tomas), tokoh agama (tomag), dan ketua kelompok untuk menjadi kader penyuluh atas pemelintiran informasi gempa tsunami di Cilacap.

"Kami yakin bahwa dalam waktu dekat, masyarakat akan semakin cerdas dan tidak gampang panik atau terprovokasi dengan adanya informasi permodelan bencana Gempa Tsunami oleh para ahli," kata Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara kepada IDN Times, Senin (22/7).

3. Warga yang mengungsi telah kembali

Terpancing Isu Gempa dan Tsunami Menerjang Cilacap, Warga MengungsiANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Terkait dengan adanya sejumlah masyarakat yang mengungsi pasca kabar tersebut, Tri Komara tidak menampiknya. Secara resmi, BPBD Cilacap belum menerima data akurat terkait pengungsi dari desa/kelurahan atau perangkat desa/lurah/camat setempat.

Berdasarkan informasi yang didapat IDN Times, terdapat enam Kepala Keluarga (KK) yang mengungsi. Mereka berasal adalah warga RT 02 RW XI. Keenam KK tersebut telah kembali karena sudah diberikan penjelasan serta pemahaman dari tokoh masyarakat sekitar.

"Selain itu juga terdapat masyarakat di wilayah Rawajarit Kemiren dan Winong. Kemiren ada yang mengungsi tapi sudah kembali. Belum ada info resmi juga," imbuh Tri Komara.

4. Sosialisasi langsung ke masyarakat

Terpancing Isu Gempa dan Tsunami Menerjang Cilacap, Warga MengungsiANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Gemparnya pemberitaan akan terjadinya gempa dan tsunami di kalangan masyarakat Cilacap, Jawa Tengah menjadi catatan tersendiri bagi BPBD.

"Bagi kami, itu menjadi catatan tersendiri bagi kami (BPBD Cilacap) untuk semakin memahami cara berfikir masyarakat dalam menerima informasi potensi bencana," jelas Tri Komara.

Ia akan selalu melalukan sosialisasi secara langsung, agar lebih mudah dipahami karena masyarakat yang kurang paham dapat memiliki kesempatan luas untuk bertanya dan menerima jawaban secara gamblang dari petugas BPBD.

"Penyampaian informasi secara langsung sangat efektif karena akan muncul diskusi atas ketidakjelasan informasi," tutup Tri Komara.

Baca Juga: Potensi Gempa dan Tsunami di Selatan Jawa, Pakar: DIY Harus Bersiap

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya