Titik Api yang Membakar Hutan di Lereng Gunung Merapi Tidak Ditemukan

Penyisiran melibatkan 500 personel

Magelang, IDN Times - Tim gabungan yang melakukan penyisiran di kawasan lereng Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tidak menemukan adanya titik api.

Sebelumnya, pada Minggu, 18 Agustus 2019, dikabarkan telah terjadi kebakaran di hutan, tepatnya di petak 36, yang berada di kawasan Jurang Jero, di wilayah Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

1. Penyisiran dilakukan secara manual dan drone

Titik Api yang Membakar Hutan di Lereng Gunung Merapi Tidak DitemukanANTARA FOTO/Anis Efizudin

Penyisiran yang oleh tim dilakukan secara manual maupun menggunakan drone. Dari hasil penyisiran, tidak ditemukan adanya titik api.

"Tidak ditemukan titik api. Pemantauan melalui citra satelit juga tidak menunjukkan adanya hotspot," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (20/8).

2. Penyisiran melibatkan 500 personel

Titik Api yang Membakar Hutan di Lereng Gunung Merapi Tidak DitemukanANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Sebelumnya, dalam penanganan kebakaran hutan di lereng Merapi, pada Senin, 19 Agustus 2019, dilaksanakan apel di Jurang Jero untuk koordinasi dan persiapan penanganan kebakaran hutan. Apel melibatkan sekitar 500 personel, baik dari BPBD setempat, TNI/Polri, serta relawan.

Edy mengatakan tim dibagi menjadi dua untuk menuju titik lokasi di grid 87C dan grid 87D. Pukul 08.07 WIB Tim gabungan berangkat menuju kedua titik lokasi tersebut untuk melakukan pemadaman.

3. Akan didirikan posko bersama

Titik Api yang Membakar Hutan di Lereng Gunung Merapi Tidak DitemukanANTARA FOTO/Mushaful Imam

Tim gabungan sampai di Cawang Kulon pada pukul 09.15 WIB, untuk selanjutnya menuju ke lokasi titik api atau kebakaran di grid 87C dan grid 87D. Mereka menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Namun, tim tidak menemukan titik api.

"Pukul 12.20 WIB tim kembali ke pos sementara dan hasil penyisiran titik api atau kebakaran di grid 87 C dan grid 87 D dinyatakan nihil atau tidak terpantau titik api dan asap," imbuh Edy.

Edy menambahkan untuk selanjutnya dilakukan koordinasi lanjutan oleh tim gabungan. Hasilnya, mereka akan mendirikan posko bersama, pada Kamis, 22 Agustus 2019, di Jurang Jero, Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Kawasan Lereng Gunung Merapi Terbakar

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya