10 Daerah Disapu Puting Beliung, 3.000 Rumah Mengalami Kerusakan

Paling parah di Wonosobo dan Magelang

Semarang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyatakan terdapat 3.000 lebih rumah warga yang mengalami kerusakan akibat dihantam angin puting beliung selama sepekan terakhir.

Data yang terhimpun dari Pusdalop BPBD Jateng sejak Minggu kemarin hingga hari ini, Kamis (24/10), angin puting beliung telah menerjang 10 kabupaten/kota.

1. Daerah yang diterjang puting beliung dari Brebes sampai Wonogiri

10 Daerah Disapu Puting Beliung, 3.000 Rumah Mengalami KerusakanANTARA FOTO/M N Kanwa

Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto mengungkapkan kesepuluh wilayah yang terdampak puting beliung antara lain, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pati, Kabupaten Batang, Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.

"Dari sepuluh daerah yang terkena bencana angin puting beliung, total kerusakan bangunannya mencapai lebih dari 3.000 unit. Itu rinciannya yang rusak berat ada 258 rumah, yang mengalami kerusakan sedang ada 839 rumah, lalu ada 2.987 rumah yang rusak ringan," terangnya, saat dikontak IDN Times, Kamis (24/10).

Baca Juga: Catat! Ini yang Perlu Kamu Lakukan saat Terjadi Angin Puting Beliung

2. Terdapat 3.052 warga yang terpaksa mengungsi

10 Daerah Disapu Puting Beliung, 3.000 Rumah Mengalami KerusakanIDN Times/Galih Persiana

Tak cuma itu, masih ada sembilan sekolah dan 19 tempat ibadah yang mengalami kerusakan ringan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 3.052 warga atau sebanyak 861 KK yang terpaksa mengungsi akibat kejadian tersebut. "Tapi untuk sekarang jumlah pengungsi mulai berkurang, tinggal 261 KK. Sebagian sudah pulang ke rumah masing-masing," paparnya.

3. Kerusakan paling parah ada di dua daerah

10 Daerah Disapu Puting Beliung, 3.000 Rumah Mengalami KerusakanIDN Times/Galih Persiana

Lebih jauh lagi, ia mengaku kerusakan terparah  berada di Wonosobo dan Kabupaten Magelang. Di dua lokasi itu, katanya jumlah rumah yang rusak masing-masing ada sebanyak 1.001 rumah dan 1.257 rumah.

Pihaknya menaksir total kerugian akibat puting beliung hingga saat ini sekitar Rp300 juta. Hal ini karena ada sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Estimasi kerugian yang dialami warga sekitar Rp300 juta. Sebab banyak genteng rumah yang berterbangan dan banyak bangunan yang roboh saat kejadian angin puting beliung," katanya.

Pihaknya menekankan saat ini tim gabungan BPBD dibantu para relawan sedang berupaya memperbaiki rumah-rumah yang rusak. Selain itu juga menggelontorkan berbagai bantuan mulai ratusan seng, asbes dan bahan bangunan serta bahan makanan lainnya.

"Kita upayakan perbaikan bisa dilakukan secepatnya sehingga warga bisa beraktivitas normal kembali," tandasnya.

Baca Juga: Mendadak Mendung dan Dingin? Waspada Angin Puting Beliung

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya