1700 Calon Haji Semarang Batal Berangkat, Calhaj Minta Uang Kembali

Calon jemaah dijanjikan bisa berangkat tahun depan

Semarang, IDN Times - Sejumlah calon jemaah haji di Kota Semarang mulai berupaya meminta kepada Kantor Kemenag setempat untuk mengembalikan uang pemberangkatan ibadah haji. Tindakan tersebut mereka lakukan setelah mengetahui Menteri Agama Fachrul Rozi keberangkatan ibadah haji di tahun 2020.

1. Beberapa calon jemaah sudah minta pembatalan keberangkatan

1700 Calon Haji Semarang Batal Berangkat, Calhaj Minta Uang KembaliIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sumari, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kota Semarang mengatakan beberapa warga sudah mengutus petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar dapat mengurus pembatalan uang pemberangkatan haji.

"Banyak calon haji yang saat ini banyak yang tanya ke saya lewat pengurus KBIH. Ada juga beberapa yang mengajukan pembatalan uang keberangkatan haji. Tapi kondisinya saat ini masih kondusif kok," kata Sumari kepada IDN Times, Rabu (3/6).

Baca Juga: Menag Batalkan Haji 2020, DPR: Melanggar UU Haji dan Umrah

2. Ada 1.700 orang yang harusnya berangkat haji tahun ini

1700 Calon Haji Semarang Batal Berangkat, Calhaj Minta Uang KembaliANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Pihaknya yang merujuk surat keputusan Menteri Agama memang telah memberikan dua pilihan bagi calhaj yang gagal berangkat. Pertama biaya peluasan pemberangkatan haji bisa disimpan terlebih dulu di bank dan kedua bisa mengajukan pengembalian uang keberangkatan haji.

Ia mengatakan di Kota Semarang sebenarnya ada 1.700 calhaj yang dijadwalkan berangkat haji tahun ini. Pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan para pengurus KBIH untuk membahas pembatalan ibadah haji.

3. Kemenag Semarang: Ibadah haji dibatalkan demi keselamatan jiwa

1700 Calon Haji Semarang Batal Berangkat, Calhaj Minta Uang KembaliIDN/Istimewa

Pihaknya berharap umat Muslim bisa memahami keputusan pembatalan ibadah haji karena pemerintah mempertimbangkan keselamatan nyawa para calhaj di tengah pandemik virus Corona (COVID-19).

"Saya berharap umat yang menjalankan syariat Islam bisa mempertimbangkan maslahat dan mudaratnya. Karena dalam kondisi pandemik saat ini, demi keselamatan jiwa, maka umat Islam harus ikhlas tidak bisa berangkat haji dulu. Kalau kita paksakan, segala persiapan akomodasi dan lainnya jadi tidak maksimal," katanya. 

4. Calon jemaah dijanjikan akan diprioritaskan berangkat haji pada 2021

1700 Calon Haji Semarang Batal Berangkat, Calhaj Minta Uang KembaliRamadan hari pertama di Masjidil Haram (ANTARA FOTO/REUTERS/Ganoo Essa)

Lebih lanjut, ia mengungkapkan para calhaj yang gagal berangkat haji tahun ini nantinya diprioritaskan untuk diurus keberangkatannya pada 2021 mendatang. Sedangkan regulasi terkait protokol kesehatannya akan disusun oleh Kemenkes.

"Jadi yang gagal berangkat tahun ini akan diprioritaskan berangkat 2021. Kecuali ada faktor teknis misalnya dia meninggal atau kondisi kesehatannya dinyatakan sudah tidak sanggup berangkat haji," ungkapnya.

Di Semarang, katanya ada 10 KBIH yang selama ini ditunjuk mengurus pemberangkatan haji. Termasuk mengangani para calhaj luar kota yang memilih mendaftar haji lewat Semarang maupun yang pindah keluar kota.

"Untuk tahun ini, biaya keberangkatan haji totalnya sekitar Rp35 juta," ujarnya.

Baca Juga: Ibadah Haji 2020 Batal, Begini Skema Pengembalian Uang Pelunasannya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya