26 Warga Jateng Berangkat ke Makkah Ikut Kloter Pertama Umrah 2022

Biaya naik menjadi Rp32 juta per orang

Semarang, IDN Times - Sebanyak 26 warga asal Jawa Tengah bertolak ke Tanah Suci Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah perdana di awal tahun 2022. Proses pemberangkatan 26 orang tersebut dilakukan pada Sabtu (8/1/2022). Mereka bergabung dengan ratusan calon jemaah umrah lainnya di Jakarta.

1. Kemenag Jateng pastikan mereka sudah penuhi syarat protokol kesehatan

26 Warga Jateng Berangkat ke Makkah Ikut Kloter Pertama Umrah 2022ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh

Menurut Kepala Biro Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah, Ahyani, ada 26 orang yang diberangkatkan ke Makkah karena sudah memenuhi sejumlah syarat. Mulai dari telah divaksinasi COVID-19 dua dosis dan bisa menunjukan hasil negatif COVID-19 dari tes antigen.

"Untuk syaratnya ya vaksin dari sisi kesehatan, untuk besaran biaya umrahnya yang menentukan dari biro travel karena sekarang ada kewajiban harus karantina," ungkapnya, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: Jemaah Umrah Jateng Boleh Berangkat, Kloter Pertama 400 Orang

2. Keseluruhan ada 419 orang dari Indonesia yang berangkat umrah 2022

26 Warga Jateng Berangkat ke Makkah Ikut Kloter Pertama Umrah 2022Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19. (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Ia menjelaskan, puluhan warga yang ikut umrah tahun 2022 merupakan yang pertama kalinya setelah dua tahun terjadinya pandemik COVID-19. Dari informasi yang ia dapatkan, total ada 419 calon jemaah umrah seluruh Indonesia yang diberangkatkan ke Tanah Suci. 

"Di Jakarta ada 419 orang yang ikut umrah. Lalu 26 orang dari Jawa Tengah,", akunya.

Ia pun menyarankan supaya para calon jemaah yang sudah mendaftar umrah tahun 2020 agar bersabar menunggu giliran pemberangkatan ke Tanah Suci Makkah. 

Setiap calon jemaah, katanya mesti mentaati aturan protokol kesehatan dengan ketat selama ibadah umrah. "Memang harus bersabar karena ini masih dalam kondisi pandemi," jelasnya.

3. Biaya umrah naik menjadi Rp32 juta

26 Warga Jateng Berangkat ke Makkah Ikut Kloter Pertama Umrah 2022Ilustrasi Makkah (ANTARA FOTO/REUTERS/Yasser Bakhsh)

Ketua Amphuri Jateng, Endro Dwi Cahyono menambahkan total biaya yang harus dikeluarkan untuk ikut umrah di tahun 2022 dipastikan membengkak. Dibanding situasi normal biaya umrah hanya Rp22 juta, maka tahun ini mencapai Rp28 juta. Biaya tersebut diluar ongkos karantina COVID-19 di Arab Saudi. 

"Kalau ditambah karantina per hari biayanya nambah 500 ribu dan ada tes PCR juga. Kalau ditotal jadinya Rp32 juta," bebernya.

4. Jemaah umrah wajib karantina 5 hari di Saudi

26 Warga Jateng Berangkat ke Makkah Ikut Kloter Pertama Umrah 2022britannica.com

Sebelum berangkat umrah, pihaknya mewajibkan calon jemaah menjalani tes PCR. Kemudian setibanya di Arab Saudi akan menjalani karantina lima hari.

"Terus kemudian ibadah di Madinah dibikin 7 hari, karantina 5 hari, ibadah dua hari. Terus ke Makkah ibadahnya 4 hari dan selanjutnya pulang," tandasnya.

Baca Juga: Luhut: Jemaah Umrah Harus Karantina 7 Hari Saat Tiba di Indonesia

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya