3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di Lampung

Pelaku menembak pemilik toko kelontong dua kali

Semarang, IDN Times - Aksi perampokan di toko kelontong Desa Kaliwungu, Dusun Kedungreja, Kabupaten Cilacap yang viral di media sosial berhasil dibongkar polisi. Pihak Polda Jateng menyatakan, tiga pelaku perampokan telah diringkus personel Direskrimum setelah diburu beberapa hari. 

Ketiga perampok yang ditangkap polisi yaitu Saiun alias Buang, Sarwanto alias Iwan, dan Sugiono alias Kowo. 

"Mereka sudah merencanakan ketika keluar dari penjara. Kemudian Sugiono dan Iwan ini keluar dari Lapas Bekasi. Modusnya Sugiono punya bibi di Cilacap," ujar Direskrimum Polda Jateng, Kombes Pol Johanson Ronald Simamora saat gelar perkara di markasnya, kompleks Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Senin (3/4/2023). 

1. Tiga perampok incar toko kelontong Nasirun sejak lama

3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di LampungDireskrimum Polda Jateng Kombes Pol Johanson Ronald Simamora saat memaparkan hasil ungkap kasus perampokan di Cilacap. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketiga pelaku, katanya, sudah jauh hari berniat menyantroni toko kelontong milik Nasirun. Hingga akhirnya mereka beraksi merampok pada Senin (27/3/2023) jam 14.30 WIB.

Masing-masing pelaku telah mengamati lokasi kejadian. Setelah mengamati, mereka bergegas pulang ke Lampung dan Palembang untuk mengambil dua senjata api (senpi).

Baca Juga: Polisi Ungkap Perampok yang Tembak Pedagang Toko di Cilacap Pakai Pistol Rakitan

2. Pelaku punya koneksi dengan komplotan di Lampung

3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di LampungIlustrasi tahanan yang diborgol. unsplash.com/4711018

Johanson berkata, para pelaku punya hubungan langsung dengan komplotan kejahatan di Lampung. Bahkan dari hasil penelusuran personelnya, Iwan dan Sugiono kedapatan membeli empat senpi dari salah satu komplotan tersebut.

"Mereka ini emang punya kaitan dengan kelompok di Lampung. Bahwa mereka membeli senpi dari kelompok Lampung. Buktinya empat senpi beli dari kelompok Lampung. Karena kita temukan di Iwan ada tiga (senpi) di Sugiono ada satu. Mereka juga sudah menggambar dan menentukan mana potensi secara acak di mana yang dilakukan perampokan," tuturnya. 

3. Nasirun ditembak dua kali

3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di LampungIlustrasi Jambret (IDN Times/Arief Rahmat)

Tak cuma itu saja, Johanson menyebutkan, para pelaku perampokan juga terkoneksi dengan komplotan kejahatan di Palembang yang kerap melakukan pencurian dan kekerasan. 

Ketika menyantroni toko kelontong milik Nasirun, katanya, para perampok nekat menembak dua kali. Tembakan pertama dilakukan di dalam rumah Nasirun. Saat Nasirun berusaha melawan, lutut dan tumitnya ditembak lagi oleh pelaku. 

4. Pelaku dua kali masuk rumah Nasirun

3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di LampungIlustrasi Toko Kelontong (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Menariknya, aksi perampokan juga diwarnai ulah pelaku yang bolak-balik masuk ke rumah Nasirun. Setidaknya pelaku masuk dua kali ke rumah Nasirun. Selain menembak Nasirun, mereka juga menggondol kresek berisi uang sebanyak Rp100 juta sekaligus merusak CCTV.

"Mereka menembak dua kali di dalam rumah. Kemudian korban yang melawan ditembak oleh pelaku di bagian lutut. Kemudian nembak lagi kena tumit. Pas mereka kabur, ternyata mereka ini belum bawa uang. Lalu mereka masuk lagi ke dalam rumah dan ambil uang kresek isinya Rp100 juta dan ambil CCTV," ujarnya. 

5. Pelaku nekat lepaskan tembakan untuk bubarkan warga

3 Pelaku Perampokan Viral di Cilacap Ditangkap, Beli Senpi di LampungSenjata api rakitan dan delapan butir amunisi yang ditemukan di Lapas Kelas II B Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh. (Dokumentasi Polres Aceh Timur untuk IDN Times)

Ulah nekat juga dilakukan para pelaku di luar rumah Nasirun. Merasa ulahnya banyak menyita perhatian warga setempat, pelaku nekat melepaskan satu tembakan yang mengarah ke atas. 

"Satu tembakan dilepaskan ke atas untuk halau masyarakat. Makanya, ada dua proyektil. Di rumah satu, tapi yang ditembakan di luar tidak ditemukan. Proyektil yang dibawa ke laboratorium forensik kita yakini berasal dari senjata rakitan," kata Johanson. 

Baca Juga: Tersedot Irigasi, Pemuda Bogor Ditemukan di Dasar Bendungan Cilacap

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya