Arus Balik One Way, Kakorlantas Sarankan Pemudik Lewat Jalur Alternatif

Pemudik diminta jangan tunggu di pintu tol

Semarang, IDN Times - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi menyarankan kepada para pemudik untuk memanfaatkan ruas jalur alternatif saat penerapan arus balik one way. Arus balik one way diberlakukan mulai 6 Mei 2022 dan diperkirakan akan mengalami puncaknya pada 8 Mei 2022.

"Buat masyarakat yang menuju kawasan yang tidak dapat dijangkau lewat tol, agar memanfaatkan jalur yang ada. Pilih waktu sore atau malam hari saat tingkat kesibukan masyarakat menurun," kata Firman dalam keterangan yang diterima IDN Times usai membuka sistem arus balik one way di Tol Kalikangkung. 

1. Kakorlantas minta pemudik tidak tunggu di pintu tol saat one way arus balik

Arus Balik One Way, Kakorlantas Sarankan Pemudik Lewat Jalur AlternatifIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Firman menegaskan, penerapan one way merupakan realisasi dari jadwal yang sudah dibuat untuk mengantisipasi arus balik. Ia juga mengingatkan kepada para pemudik supaya tidak menunggu di pintu tol mengingat penerapan one way dapat berlangsung penuh 24 jam hingga 8 Mei 2022.

"Dipersilakan kepada masyarakat untuk memanfaatkan jalur yang ada. Silakan dilihat jadwal dan kami harap tidak menunggu di pintu-pintu tol," bebernya.

Baca Juga: Volume Meningkat, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Tergantung Rest Area

2. Menhub klaim one way arus balik jadi perintah Jokowi

Arus Balik One Way, Kakorlantas Sarankan Pemudik Lewat Jalur AlternatifMenhub Budi Karya Sumadi saat berbicara di depan gerbang tol Kalikangkung. (Dok Humas Polda Jateng)

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beralasan, penerapan aturan one way selama arus balik Lebaran jadi tugas negara sekaligus amanat dari Presiden Jokowi untuk menciptakan mudik yang aman dan sehat.

"Aman berarti safety, selamat sampai di tujuan dengan jangka waktu perjalanan yang sesuai dan mentaati prokes," kata Budi.

Menhub tak lupa memberikan apresiasi pada peran TNI/Polri dan stakeholder dalam mengamankan serta mengatur kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

3. Angka kecelakaan turun saat arus mudik Lebaran 2022

Arus Balik One Way, Kakorlantas Sarankan Pemudik Lewat Jalur AlternatifMenteri PUPR Basuki Hadimuljono di Tol Kalikangkung. (Dok Humas Polda Jateng)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengklaim angka kecelakaan saat mudik Lebaran 2022 turun ketimbang situasi 2019.

"Angka kecelakaan lalu lintas pada mudik 2022 jauh lebih menurun dibandingkan tahun 2019. Saya harap perkembangan positif ini dipertahankan pada arus balik kali ini," terangnya. 

Baca Juga: Gak Boleh Dijenguk, Napi Narkoba Semarang Terharu Video Call Keluarga

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya