Asyik! 509 Pemudik Naik KRI Banjarmasin, Sebagian Turun di Semarang dan Dikawal

Para pemudik ikut program mudik gratis dari TNI AL

Semarang, IDN Times - Momentum arus mudik tahun ini menjadi pengalaman istimewa bagi 509 perantau yang bekerja di Jakarta. Pasalnya, mereka hari ini, Rabu (19/4/2023), berkesempatan bisa pulang kampung naik kapal perang milik TNI AL.

Adalah Mabes TNI AL yang memfasilitasi kegiatan pulang kampung bagi ratusan perantau tersebut. Mereka naik KRI 592 Banjarmasin dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta hari Selasa (18/4/2023) kemudian tiba di Pelabuhan Tanjung Emas hari ini jam 12.30 WIB.

Informasi yang diperoleh dari pihak Lanal Semarang menyebutkan jika ratusan perantau yang mudik naik KRI Banjarmasin merupakan peserta program mudik gratis. 

1. Tetap dikawal aparat keamanan

Asyik! 509 Pemudik Naik KRI Banjarmasin, Sebagian Turun di Semarang dan DikawalSejumlah pemudik yang membawa motor turut mendapatkan pengawalan. (IDN Times/Dok Lanal Semarang)

Danlanal Semarang, Kolonel (Mar) Hariyono Masturi berkata tahun ini ada satu kapal perang yang dioperasikan khusus untuk mengangkut para pemudik dari Jakarta dengan tujuan ke Semarang dan Surabaya. Bila nantinya animo pemudik terlihat tinggi, maka tahun depan TNI AL akan menambah armada kapal perang untuk membawa para pemudik.

"Bagi pemudik yang turun di Semarang tanpa membawa motor, sudah difasilitasi dua bus khusus. Tetapi bagi yang bawa motor akan dikawal di perjalanan," akunya.

Jika jumlah pemudik yang naik KRI Banjarmasin ada 509 orang. Maka untuk kendaraan pemudik jumlahnya ada 171 unit.

Baca Juga: Pelindo Operasikan 56 Pompa, Pelabuhan Tanjung Emas Terhindar dari Banjir

2. Ada 300 pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas

Asyik! 509 Pemudik Naik KRI Banjarmasin, Sebagian Turun di Semarang dan DikawalAnggota TNI AL Semarang membantu para pemudik yang membawa anaknya saat turun dari KRI Banjarmasin. (IDN Times/Fariz Fardianto (

Menurut Komandan KRI Banjarmasin Letkol Laut (P) Agung Ariwibowo, terdapat 300 pemudik yang turun di Pelabuhan Tanjung Emas. Sedangkan sisanya tetap melanjutkan perjalanan ke Tanjung Perak Surabaya.

Selain itu, masih ada 100 pemudik yang berangkat dari Semarang naik KRI Banjarmasin menuju Surabaya. Jam keberangkatannya kisaran 15.00 WIB. "Tapi jumlahnya masih didata," bebernya.

3. KRI Banjarmasin juga layani arus balik

Asyik! 509 Pemudik Naik KRI Banjarmasin, Sebagian Turun di Semarang dan DikawalSejumlah pemudik keluar dari KRI Banjarmasin yang membawanya dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas. (IDN Times/Dok Lanal Semarang)

Ia menjelaskan program mudik gratis kali ini berkat koordinasi dengan TNI AL dan Kemenhub, Baznas dan PT Pelindo. Usai Lebaran tepatnya tanggal 25 April 2023, dari Surabaya KRI Banjarmasin-592 akan melayani adus balik ke Semarang maupun Jakarta.

Pendaftaran masih terus dibuka secara online atau langsung datang ke Pangkalan TNI AL Semarang hingga kuota atau kapasitas akomodasi personel dan ruang muat sepeda motor yang terpenuhi.

Ia juga menjelaskan pihaknya mendukung kebijakan pemerintah membantu para pemudik sepeda motor untuk mengurangi tingkat resiko kecelakaan, dan memberikan fasilitas yang nyaman di dalam kapal, serta dukungan konsumsi bagi para pemudik juga fasilitas kesehatan. Supaya bisa mudik dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: Terganjal Booster, Ratusan Pemudik Pilih Pulang Kampung ke Jateng Naik Bus

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya