Berani Advokasi dan Kolaborasi Jadi Layanan Terbaik Humas Rumah Sakit

Humas rumah sakit harus berinovasi

Surakarta, IDN Times - Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Perhumasri) menyarankan kepada anggotanya supaya berani mengadvokasi sekaligus meningkatkan kemampuannya sebagai garda terdepan dalam mengelola segala informasi tentang rumah sakit.

1. Humas rumah sakit harus berani meningkatkan keahlian

Berani Advokasi dan Kolaborasi Jadi Layanan Terbaik Humas Rumah SakitKetua Umum Perhumasri, Anjari Umarjiyanto berjabat tangan dengan Ketua Perhumasri Jateng yang baru. (IDN Times/bt)

Menurut Ketua Umum Perhumasri, Anjari Umarjiyanto, peningkatan kapasitas perlu dilakukan, salah satunya dengan mengadvokasi kepada para anggotanya. 

"Untuk mencapainya dengan cara meningkatkan kompetensi, mengembangkan standar serta etika humas rumah sakit, menyelenggarakan peningkatan kapasitas dan keahlian, dan melakukan advokasi kepada anggota dan rumah sakit," ujarnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: Trik Jitu Jadi Humas Rumah Sakit yang Keren, Kudu Gercep!

2. Humas rumah sakit diminta jaga integritas

Berani Advokasi dan Kolaborasi Jadi Layanan Terbaik Humas Rumah SakitPengurus Perhumasri Jateng setelah dikukuhkan di Solo. (IDN Times/bt)

Ia berharap, para humas rumah sakit harus senantiasa memiliki integritas serta berdedikasi terhadap profesinya. Di samping itu, juga tetap antusias dalam mengembangkan diri untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada publik. 

Pihaknya juga menjadi organisasi profesi humas yang memiliki visi membangun humas profesional untuk reputasi rumah sakit di Indonesia.

3. Humas rumah sakit punya peran sangat vital

Berani Advokasi dan Kolaborasi Jadi Layanan Terbaik Humas Rumah SakitWali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bertemu Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, dengan keberadaan Perhumasri paling tidak bisa mengukuhkan peran serta kesadaran bagi seluruh humas rumah sakit.

"Keberadaannya sangat vital dalam menentukan baik buruknya pelayanan dan penanganan di rumah sakit," jelasnya. 

Kepala Dinkes Surakarta, dr Siti Wahyuningsih, berpesan agar para humas rumah sakit selalu melayani dengan hati dan berkolaborasi dengan rumah sakit jejaring. Pihaknya akan mendorong rumah sakit agar bergabung dengan Perhumasri. 

4. Harus perluas jejaring

Berani Advokasi dan Kolaborasi Jadi Layanan Terbaik Humas Rumah Sakitilustrasi perawatan pasien di rumah sakit (247nursing.com.au)

Lebih lanjut, Ketua Perhumasri Jateng, Betty Andriani yang kembali dikukuhkan sebagai ketua baru periode 2022--2025 berharap organisasinya bisa menjadi wadah para humas rumah sakit untuk meningkatkan kompetensi.

"Dengan dilantiknya kepengurusan hari ini diharapkan dapat menjadi wadah humas rumah sakit sehingga dapat meningkatkan kompetensi, memperluas jejaring serta saling ada kolaborasi positif untuk menjadikan Gumregah Jateng Gayeng, sehat untuk warganya," jelasnya. 

Baca Juga: 289 Lansia di Jateng Alzheimer: Pengaruh Hedonisme, Mementingkan Uang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya