Biar Jago Cari Korban di Gunung, 12 Personel SAR Semarang Latihan Pakai Drone

SAR Semarang kini makin canggih, lho

Semarang, IDN Times - Dua belas personel SAR Semarang mulai diasah kemampuannya dalam melakukan pencarian korban di gunung-gunung dan sungai. Caranya, mereka selama lima hari dilatih mengoperasikan drone. 

Latihan mengoperasikan drone diikuti 12 personel SAR Semarang di Gedung Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Jalan Gondoriyo, Ngaliyan. 

Para personel SAR Semarang secara khusus dilatih oleh sejumlah pilot drone yang tergabung dalam Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI). 

1. Para personel SAR Semarang dibekali keahlian jadi pilot drone

Biar Jago Cari Korban di Gunung, 12 Personel SAR Semarang Latihan Pakai DroneSeorang personel SAR Semarang saat belajar mengoperasikan drone yang dipandu oleh seorang instruktur. (Dok Humas SAR Semarang)

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengungkapkan 12 personelnya dipilih untuk ikut rangkaian latihan mengoperasikan drone secara online dan praktek di lapangan. 

Materi yang diberikan secara online diadakan dua hari. Sedangkan praktek mengoperasikan drone di gedung SAR Semarang digelar tiga hari. 

"Kita memang sedang membekali kompetensi yang mumpuni bagi personel SAR Semarang sehingga punya sertifikasi sebagai pilot drone," ungkap Heru, Sabtu (4/6/2022). 

Baca Juga: Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur Lebaran

2. Latihan mencakup menerbangkan drone sampai memahami standar keselamatan

Biar Jago Cari Korban di Gunung, 12 Personel SAR Semarang Latihan Pakai DronePixabay/LaurentSchmidt

Menurut Heru para personelnya mula-mula diajari latihan mengoperasikan drone dari tingkat pemula atau yang disebut Basic Drone Operation.

Latihan berikutnya berupa mengenali standar prosedur dan etika pilot drone dan memahami prosedur keselamatan. 

Selanjutnya ke-12 personel SAR diajari cara menerbangkan drone yang benar dan aman. Materi yang satu ini masuk dalam program Sertifikasi Coaching Penerbangan Drone. Lalu satu persatu personel SAR mengikuti ujian pengoperasian drone dan yang terakhir dengan ujian sertifikasi pilot drone.

3. SAR Semarang akan pakai drone untuk pencarian korban di hutan, gunung dan sungai

Biar Jago Cari Korban di Gunung, 12 Personel SAR Semarang Latihan Pakai DroneIlustrasi tim SAR (Dok Humas SAR Semarang)

Lebih jauh lagi, latihan mengoperasikan drone dimanfaatkan juga untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi saat melakukan operasi pencarian terhadap para korban. 

"Adanya pelatihan ini diharapkan para personel bisa mengoperasikan drone untuk operasi SAR di gunung, hutan, sungai atau perairan. Sekaligus melakukan dokumentasi kegiatan lainnya," jelasnya. 

4. Kepala SAR: Pahami ilmu pengoperasian drone

Biar Jago Cari Korban di Gunung, 12 Personel SAR Semarang Latihan Pakai DronePersonel Basarnas Semarang menyelam di Sungai Ringin Kendal. (Dok Humas Basarnas Semarang)

Heru berharap selama latihan para personelnya bisa meningkatkan pehamanan mengenai operasi pencarian menggunaan drone. 

Dengan latihan yang disiplin maka bisa mengasah kemampuan di bidang teknologi pesawat nirawak.

"Semoga personel dapat mengikuti latihan dengan disiplin, cermati, pahami apa yang disampaikan arahan  instruktur dari APDI. Gunakan kesempatan untuk memahani ilmu pengetahuan tentang pengoperasian drone," tegasnya. 

Baca Juga: Bilik Thrift di Semarang Rela Keliling Kota Berburu Baju Bekas Korean Look 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya