Insentif Tenaga Medis COVID-19 Baru Cair di 7 Rumah Sakit Jawa Tengah

Dinkes Jateng klaim sudah ada 28 daerah yang menerima

Semarang, IDN Times - Uang insentif atau bonus para tenaga medis yang ikut dalam penanganan virus corona (COVID-19) masih dalam proses pencairan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menyebut pencairan saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah pusat. 

1. Penerima bonus COVID-19 diverifikasi langsung oleh Kemenkes

Insentif Tenaga Medis COVID-19 Baru Cair di 7 Rumah Sakit Jawa TengahPetugas merawat pasien diduga virus corona. IDN Times/Bramanta Pamungkas

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo mengungkapkan uang insentif langsung dicairkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Untuk besarannya, ia mengaku tak mengetahui secara detail.

"Besarannya belum tahu. Jumlah penerimanya yang memverifikasi dari Kemenkes langsung," aku Yulianto saat dikontak IDN Times, Rabu (17/6). 

Baca Juga: Insentif Tenaga Medis COVID-19 di Kudus Belum juga Cair, Ini Alasannya

2. Sudah ada 28 daerah yang cair bonusnya

Insentif Tenaga Medis COVID-19 Baru Cair di 7 Rumah Sakit Jawa TengahRapid test massal di satu desa, Kabupaten Simalungun (Dok.IDN Times/Istimewa)

Ia menjelaskan saat ini sudah ada 28 kabupaten/kota di Jateng yang mendapat pencairan bonus dalam penanganan COVID-19 dari Kemenkes. Tahapan verifikasinya tengah dikebut Dinkes setempat dan rumah sakit yang jadi rujukan bagi pasien virus corona.

"Proses verifikasinya telah dilakukan oleh tim kecil setiap kabupaten dan kota. Dan sekarang yang dicairkan buat 28 kabupaten/kota dan tujuh rumah sakit milik provinsi," terangnya. 

3. Uang insentif langsung ditransfer ke tenaga medis

Insentif Tenaga Medis COVID-19 Baru Cair di 7 Rumah Sakit Jawa TengahIlustrasi COVID-19. Dok. IDN Times

Pihaknya mengklaim setiap bonus yang cair, langsung ditransfer ke rekening masing-masing tenaga medis.

"Yang sudah cair itu nanti masuk ke rekening pribadi. Tidak lewat Dinkes Provinsi maupun kabupaten/kota. Cuma kita belum lakukan evaluasi yang sudah cair berapa miliar," pungkasnya. 

Baca Juga: Jokowi Umumkan Jumlah Insentif untuk Dokter, Perawat Tangani COVID-19

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya