BPBD Perkirakan Masih Ada Letusan Susulan di Gunung Merapi

Masyarakat diminta tenang

Semarang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah memperkirakan Gunung Merapi masih mengalami letusan susulan. 

1. Masih ada material di kubah lava Merapi

BPBD Perkirakan Masih Ada Letusan Susulan di Gunung MerapiGunung Merapi (Twitter/BPPTKG)

Hal ini karena menurut Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto, di dalam kubah lava gunung berapi tersebut masih menyimpan endapan material yang bisa terangkat melalui erupsi. 


"Dari hasil koordinasi dengan tim Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kita ketahui bahwa dengan kondisi status Merapi di level dua sejak Mei 2018, maka diperkirakan juga masih ada letusan susulan karena ada meterial yang tersimpan di kubahnya," ungkapnya kepada IDN Times, Selasa (19/11). 

Baca Juga: Merapi Meletus, Hujan Abu Terjadi di Magelang 

2. Warga diminta menjauhi radius 3 Km dari puncak Merapi

BPBD Perkirakan Masih Ada Letusan Susulan di Gunung MerapiLetusan Gunung Merapi pada Minggu 17 November 2019 twitter.com/BPPTKG

Pihaknya saat ini telah mengimbau kepada masyarakat di Klaten, Boyolali Dan Magelang untuk menghindari jarak tiga kilometer dari puncak Merapi. 

Menurutnya aktivitas di lokasi itu harus dikosongkan untuk menghindari korban jiwa jika setiap waktu Merapi kembali meletus. 

"Kita minta semua warga di titik terdekat dengan Merapi untuk menyaring informasi yang benar. Dapatkan informasi langsung dari BMKG, BPBD dan BPPTKG," terangnya. 

3. BPBD sempat bagikan ratusan masker bagi warga yang kena hujan abu tipis

BPBD Perkirakan Masih Ada Letusan Susulan di Gunung MerapiANTARA FOTO/Rahmad

Untuk saat ini, pihaknya memberikan 300-500 masker bagi warga setempat. Hujan abu tipis memang sempat mengguyur beberapa desa di Magelang, Klaten dan Boyolali. 

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Ampas Sisa dari Kopi, Bisa Buat Masker Nih!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya