Bus Wisata Asal Serpong Terjun ke Sungai Wisata Guci Tegal, 1 Tewas dan 1 Luka Berat

Sopir bus nyalakan mesin terus entah ke mana

Tegal, IDN Times - Sebuah bus pariwisata yang berada di depan obyek wisata Guci, Kabupaten Tegal kedapatan terperosok ke sungai pada Minggu pagi (7/5/2023) jam 08.30 WIB. Informasi dari pihak kepolisian, bus yang membawa para penumpang dari Serpong, Tangerang tersebut semula sedang parkir dalam kondisi mesin yang dihidupkan oleh sang sopir. 

Baca Juga: Kecelakaan Bus di Tegal, Polisi Evakuasi Belasan Korban Luka-luka

1. Bus berjalan sendiri dan masuk ke sungai

Bus Wisata Asal Serpong Terjun ke Sungai Wisata Guci Tegal, 1 Tewas dan 1 Luka BeratIlustrasi Kecelakaan (bus masuk jurang) (IDN Times/Aditya Pratama)

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan saat parkir di depan obyek wisata Guci, kondisi ban depan dan belakang bus telah diganjel kayu. 

Menurutnya, walau sudah diganjel, akan tetapi dari keterangan sementara para korban, mesin bus masih dalam posisi dinyalakan oleh sopir. 

"Ketika kejadian tadi pagi, kernet dan sopirnya tidak ada di dalam bus. Artinya busnya ini berjalan tanpa awak. Tetapi kita belum bisa mengindikasikan apakah ketika bus berjalan hingga masuk ke sungai itu disebabkan adanya kelalaian penumpang atau krunya," ujar Agus kepada IDN Times via telepon. 

2. Satu korban ditemukan meninggal dunia

Bus Wisata Asal Serpong Terjun ke Sungai Wisata Guci Tegal, 1 Tewas dan 1 Luka BeratIlustrasi pemakaman jenazah pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Agus menjelaskan pihaknya masih sibuk menyelidiki penyebab kecelakaan yang dialami bus wisata di Guci tersebut. Ia bilang sementara ada satu korban meninggal dunia, satu korban luka berat dan 35 orang lainnya luka ringan. 

Total ketika kejadian terdapat 37 penumpang. Sedangkan berdasarkan data riil penumpang keseluruhannya ada hampir 70 penumpang bus. 

"Jadi pas kejadian ada 37 orang yang di dalam bus wisata. Lalu ketika dilakukan evakuasi, satu orang ditemukan meninggal, satu luka berat dan 35 orang luka ringan. Dan sisanya masih ada 36 orang selamat karena kebetulan belum naik bus," tutur Agus. 

3. Polda Jateng selidiki pemicu bus yang bergerak hingga masuk ke sungai

Bus Wisata Asal Serpong Terjun ke Sungai Wisata Guci Tegal, 1 Tewas dan 1 Luka BeratObyek wisata pemandian air panas Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, dibanjiri wisatawan, Minggu (8/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Lebih lanjut, Agus menyampaikan proses penyelidikan kini masih berjalan. Personel Satlantas dan Reskrim gabungan dari Polres Tegal masih menyelidiki memakai metode manual. 

Untuk Polda Jateng, katanya akan membantu menggunakan teknik penyelidikan analytic scientific

"Kita sedang mengorek keterangan para korban yang selamat, para saksi dan pihak terkait untuk mengungkap penyebab utama laka bus wisata di Guci," terangnya. 

Baca Juga: 7 Wisata Guci Tegal yang Cocok buat Refreshing dan Healing

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya