Copot Kasatreskrim Boyolali, Kapolda Jateng Didukung Mabes Polri

Tak ingin citra polri turun

Semarang, IDN Times - Pasca mencuatnya kasus pelecehan yang dilakukan Kasatreskrim Polres Boyolali, Mabes Polri langsung turun menindaklanjuti kasus tersebut.

Bahkan, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri Irjen Pol Ferdy Sambo memerintahkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi untuk memperketat pengawasan perilaku para personelnya.

1. Kadiv Propam: Kapolda Jateng harus minimalisir pelanggaran

Copot Kasatreskrim Boyolali, Kapolda Jateng Didukung Mabes PolriANTARA FOTO/Reno Esnir

Menurutnya pelanggaran yang dilakukan personel kepolisian harus diminimalisir agar tidak menurunkan citra polisi di mata masyarakat.

"Ini perlu meminimalisir pelanggaran yang dilakukan anggota agar dapat diantisipasi turunnya citra Polri. Kita bersama kapolda dan kapolres di Jawa Tengah mesti melakukan pengontrolan dan pengawasan yang melekat sampai tingkat Polres," tegasnya saat berada di Mapolda Jateng, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Dicopot! Kasatreskrim Polres Boyolali Diduga Lecehkan Wanita

2. Propam mitigasi anggota polisi yang langgar aturan

Copot Kasatreskrim Boyolali, Kapolda Jateng Didukung Mabes PolriIlustrasi anggota kepolisian. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

Ia menyebut kelakuan anggota kepolisian harus dikontrol supaya tetap bisa menunjukan semangat saat bertugas sekaligus sikap pantang menyerah.

Kedatangannya ke Jateng juga untuk melakukan pencegahan dan mitigasi perilaku polisi yang melakukan tindakan penyimpangan. 

3. Kapolda Jateng diperintahkan maksimalkan pengawasan

Copot Kasatreskrim Boyolali, Kapolda Jateng Didukung Mabes PolriAparat gabungan kepolisian saat apel razia Nataru di Mapolda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Ferdy secara khusus meminta kepada Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi guna mengoptimalkan pengawasan terhadap personelnya.

"Di tahun 2022 kita ingatkan anggota lakukan tugas perlindungan yang maksimal bagi masyarakat," ujar Ferdy.

Oleh sebab itulah, para perwira polisi sebagai manager di lapangan semestinya terus mengingatkan anggota agar tidak melakukan pelanggaran dan fokus pada peningkatan pelayanan pada masyarakat.

4. Bertindak cepat harus dilakukan polisi

Copot Kasatreskrim Boyolali, Kapolda Jateng Didukung Mabes PolriPuluhan polisi bermasalah saat menjalani pembinaan di Pusdik Binmas Polda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Ia juga mengapresiasi sikap Kapolda Jateng yang mencopot Kasatreskrim Polres Boyolali lantaran dilaporkan melakukan pelanggaran.

"Bertindak cepat terhadap komplain masyarakat hal yang harus dilakukan Polri sebagai bentuk pelayanan pada masyarakat," katanya.

Baca Juga: Danjen Kopassus Temui Kapolda Jateng: Brimob Bisa Latihan di Kopassus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya