Curhatan Petani Tembakau Akrab Dengan Ganjar Pranowo: Sering Bikin Iri

APTI dorong Ganjar jadi capres

Semarang, IDN Times - Selalu ada kisah menarik dari sebuah persahabatan. Termasuk yang dialami Agus Parmuji yang kini menjadi Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI). 

Agus pun membagi kisahnya ketika dirinya dan para petani tembakau di Jawa Tengah yang sangat akrab dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Agus memberi contoh bagaimana Ganjar Pranowo yang sepak terjangnya sangat dirasakan petani tembakau Jateng. Hanya pemimpin yang mengerti permasalahan tembakau yang dapat melindungi dan memperjuangkan petani dalam regulasi dan kebijakannya," katanya dalam keterangan resminya, Jumat (1/7/2022). 

1. Ganjar Pranowo kerap turun ketika wiwit tandur

Curhatan Petani Tembakau Akrab Dengan Ganjar Pranowo: Sering Bikin IriIlustrasi Petani Tembakau dan Cengkih (Dok. IDN Times)

Lain dari hal itu, menurut Agus Ganjar juga konsen agar Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) benar-benar dirasa manfaatnya oleh petani tembakau. 

Selain sebagai bentuk perhatian, hal itu merupakan dukungan dan suntikan semangat kepada para petani di sentra-sentra penghasil tembakau di Jateng. 

"Kami di Jawa Tengah, sudah merasakan betul efek dari kepemimpinan yang ngayomi petani tembakau. Pak Ganjar, sejak pertama kali menjabat gubernur, selalu mau turun saat wiwit tandur hingga nanti panen," terangnya. 

Baca Juga: Ganjar: Capres PDIP Tak Diumumkan saat Penutupan Rakernas

2. Petani tembakau diberi bantuan alat rajangan dan kendaraan

Curhatan Petani Tembakau Akrab Dengan Ganjar Pranowo: Sering Bikin IriANTARA FOTO/Anis Efizudin

Kebijakan itu, menurut Agus banyak menguntungkan petani tembakau Jateng. Terlebih lagi, DBHCHT yang dikembalikan ke petani kemudian digunakan lagi untuk dapat meningkatkan kualitas panenan. 

Bentuknya seperti sarana prasarana dasar di antaranya pupuk, alat rajang dan kendaraan roda tiga. Hal itu akan mengatrol harga daun tembakau. "Maka dari itu, sejak awal menjabat, kami nobatkan beliau sebagai senopati tembakau sampai saat ini," ungkapnya. 

3. APTI rekomendasikan lima permintaan kepada pemerintah pusat

Curhatan Petani Tembakau Akrab Dengan Ganjar Pranowo: Sering Bikin IriKegiatan Rapimnas APTI di Semarang. (IDN Times/bt)

Apa yang dirasakan petani tembakau Jawa Tengah rupanya membuat iri petani-petani tembakau lain di luar provinsi. Ketika menggelar Rapimnas dua hari di Semarang, salah satu hasilnya APTI menyatakan mendukung pemimpin pro petani tembakau untuk memimpin Indonesia pada 2024 mendatang. 

Oleh karena itu, APTI mendorong pemimpin seperti Ganjar lah yang dibutuhkan untuk memimpin Indonesia. 

"Ketika bisa didorong ke istana, nantinya kami yakin terkait kebijakan tembakau masih akan meminta masukan (dari petani) serta akan lebih luas efeknya dan mengayomi," imbuhnya. 

Selain soal kepemimpinan nasional, APTI juga menelurkan lima rekomendasi. Masing-masing mendorong pemerintah pusat mempercepat pengaturan impor tembakau, meminta pemerintah menerbitkan perlindungan tata niaga nasional, peningkatan kualitas bahan baku melalui pengembalian DBHCHT minimal 50 persen ke daerah, petani tembakau menolak revisi PP 109/2012, menolak kenaikan cukai tembakau.

Baca Juga: Masuk Bursa Capres NasDem, Ganjar Pranowo: Hak Preogratif Ketum

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya