Dibuka Seminggu, Para Tokoh Tertarik Daftar ke DPD PDIP Jateng

Salah satunya Gibran Rakabuming Raka

Semarang, IDN Times - Tahapan pendaftaran peserta Pilkada 2020 yang akan dibuka DPD PDIP Jawa Tengah pada 6-12 Desember, mulai menarik minat sejumlah kalangan masyarakat.

Bahkan, saat ini sudah ada beberapa tokoh politik di daerah yang berminat mendaftarkan berkas pencalonannya ke markas DPD PDIP Jateng di Panti Marhein, Semarang.

Hal tersebut terungkap tatkala Sekretaris DPD PDIP Jateng, Bambang Kusriyanto, dikontak wartawan, pada Kamis (28/11).

"Yang mendaftar dari kabupaten dan kota sudah kelihatan. Tapi kita gak pernah memasang target, kalau mereka kepengin maju, ya silahkan daftar aja. Karena yang menentukan semua rekomendasinya dari DPP," kata Bambang Krebo, sapaan akrabnya.

 

1. Pendaftaran selama sepekan akan dimanfaatkan untuk menjaring kader yang handal

Dibuka Seminggu, Para Tokoh Tertarik Daftar ke DPD PDIP JatengIDN Times/Fitria Madia

Bambang menyatakan tahapan pendaftaran dimanfaatkan untuk menjaring kader-kader PDIP yang handal untuk bertarung di Pilkada serentak tahun depan. Di Jateng sendiri, Pilkada akan digelar di 21 kabupaten/kota.

"Kemarin sudah ada instruksinya, kita buka pendaftarannya mulai tanggal 6 sampai dengan 12 Desember. Sehingga siapa yang belum daftar ke DPC, monggo dipersilahkan mendaftar di DPD," ungkapnya. 

Baca Juga: PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?

2. Gibran disarankan daftar ke DPD atau DPP sekalian

Dibuka Seminggu, Para Tokoh Tertarik Daftar ke DPD PDIP JatengIDN Times/Larasati Rey

Sejauh ini, ia mengklaim belum ada komunikasi secara personal dari tokoh-tokoh yang maju di 21 daerah. Pun demikian dengan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Ia menyarankan kepada Gibran bila tidak bisa mendaftar di DPC PDIP, maka bisa memasukan berkas pendaftarannya ke DPD PDIP Jateng. Alur pendaftaran ini juga berlaku bagi semua kandidat dari 21 kabupaten/kota.

"Atau bisa juga kalau belum sempat, daftarnya bisa ke DPP. Tidak harus ke DPC, sebab pihak DPC kan sudah menutup pendaftarannya," terangnya.

3. Sekretaris PDIP Jateng: DPP tinggal menentukan saja

Dibuka Seminggu, Para Tokoh Tertarik Daftar ke DPD PDIP JatengDok.IDN Times/Istimewa

Ia menambahkan tahapan selanjutnya adalah melakukan survei internal untuk melihat tingkat popularitas dan elektabilitas seorang kandidat di mata publik.

"Mana yang paling populer, dan elektabilitasnya tinggi nanti disampaikan DPP. DPP tinggal menentukan saja," tutupnya.

Baca Juga: Kapan Gibran Daftar ke PDIP Jateng Untuk Pilwakot Solo? Ini Jawabannya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya