Ditangkap KPK, Inilah Sosok Wahyu Setiawan di Mata Koleganya di Jateng

Wahyu meniti karir dari Banjarnegara

Semarang, IDN Times - Kasus penangkapan Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan oleh penyidik KPK memantik reaksi beragam dari para koleganya di Jawa Tengah. Seperti diketahui, Wahyu sempat bertugas sebagai Komisioner di KPU Jateng dalam rentang waktu 2013-2017 silam.

1. Sebelum jadi Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan meniti karir dari Banjarnegara

Ditangkap KPK, Inilah Sosok Wahyu Setiawan di Mata Koleganya di JatengKetua KPU Jateng Yulianto Sudrajat. IDN Times/Fariz Fardianto

Ketua KPU Jawa Tengah, Yulianto Sudrajat mengaku mengenal baik sosok Wahyu ketika masih bertugas di KPU kabupaten/kota. 

"Dia pernah lama di KPU Banjarnegara sedangkan saya di Sukoharjo. Jadi sama-sama kenal karena berasal dari daerah. Termasuk pas dia naik jabatan ke KPU Jateng, kita juga sering komunikasi," kata Yulianto di ruang kerjanya, Jumat (10/1).

Baca Juga: ICW Desak KPK Ungkap Keterlibatan Oknum PDIP dalam OTT Komisioner KPU

2. Wahyu Setiawan Sering dapat penghargaan karena berjasa bagi KPU Jateng

Ditangkap KPK, Inilah Sosok Wahyu Setiawan di Mata Koleganya di JatengKantor KPU Jawa Tengah. IDN Times/Fariz Fardianto

Setahu dia, Wahyu merupakan figur yang menonjol saat bertugas di KPU Jateng. Hal ini tak lepas dari kemampuannya yang mampu meningkatkan citra KPU sehingga mendapat kepercayaan yang tinggi dari publik.

Yulianto juga berujar Wahyu selama ini kerap menyabet banyak penghargaan. Maka dari itu, ia tak kaget saat tahu Wahyu lolos seleksi untuk menduduki jabatan di KPU RI.

"Yang saya tahu dia track recordnya baik kok. Sering dapat penghargaan juga. Makanya, dia lolos seleksi KPU RI. Lagi pula dia punya jaringan relationship yang banyak. Sampai akhirnya dia mampu membuat KPU dipercaya publik," tuturnya.

Agar kepercayaan publik terhadap KPU tetap terjaga, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajarannya di semua kabupaten/kota untuk memperkuat integritas selama bertugas mengawal Pilkada 2020.

3. KPU Jateng: Kita harus jaga integritas untuk Pilkada 2020

Ditangkap KPK, Inilah Sosok Wahyu Setiawan di Mata Koleganya di JatengIDN Times/Aji

Ia mengingatkan kepada semua petugas agar tetap netral dan menjaga perilakunya dengan menjauhi praktik-praktik korupsi.

"Kita semua kan sudah teken pakta integritas dan dengan adanya kasus ini, kita minta para petugas di daerah menegakan integritasnya. Karena KPU lembaga netral dan harus menjaga perilakunya. Dan kita harus tunjukkan kinerja sesuai kode etik dan undang-undang," terangnya. 

4. KPU Jateng tunggu instruksi selanjutnya dari KPU RI

Ditangkap KPK, Inilah Sosok Wahyu Setiawan di Mata Koleganya di JatengIDN Times/Yurika Febrianti

Namun, ia mengklaim sejauh ini semua persiapan Pilkada 2020 tidak terganggu.
Ia berjanji tetap melayani masyarakat dengan maksimal. Terutama memfasilitasi para pemilih di Pilkada 21 daerah. 

"Kinerja kita tidak terganggu karena sudah ditangani KPU RI. kita tunggu instruksi berikutnya dari KPU RI. Persiapan logistik dan lainnya juga tidak ada masalah. Komitmen kerja kita tidak akan berubah," pungkasnya.

Sedangkan Muslim Aisha, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jateng kaget saat mendapati kabar Wahyu Setiawan ditangkap KPK. "Selama di Jateng, dia tugasnya juga Divisi yang sama dengan yang di KPU RI saat ini, Divisi Sosisialisasi, SDM dan Parmas," katanya.

Baca Juga: Jelang Pilkada di Jateng, Petahana Mutasi Pejabat Bisa Diskualifikasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya