Gak Boleh Dijenguk, Napi Narkoba Semarang Terharu Video Call Keluarga

Lapas Kedungpane Semarang masih tertutup untuk tatap muka

Semarang, IDN Times - Jika momen Idulfitri atau Lebaran identik dengan ajang saling sungkem ke tempat sanak saudara, situasi berbeda dialami para narapidana yang mendekam di Lapas Kedungpane Semarang. Ketika Lebaran tiba, mereka harus menghabiskan hari-harinya dengan kegiatan pembinaan di dalam lapas.

Untuk mengobati rasa rindu, pengelola Lapas Kedungpane memfasilitasi narapidana agar dapat berkomunikasi dengan keluarganya melalui video call. Suasana hari biru terlihat ketika setiap narapidana bisa video call-an dengan keluarganya pada Rabu (4/5/2022). Salah satunya dirasakan Prasetyo. 

1. Napi narkoba bisa lepas kangen lewat video call

Gak Boleh Dijenguk, Napi Narkoba Semarang Terharu Video Call KeluargaSeorang keluarga napi Lapas Kedungpane Semarang terlihat menyimak obrolan lewat video call yang difasilitasi oleh petugas lapas. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Pras yang menjalani pidana selama lima tahun gembira saat bisa menatap wajah keluarganya lewat layar handphone

"Alhamdulillah, dengan video call saya bisa melepas kangen dengan keluarga di luar sana. Rasanya terharu masih tetap diberikan layanan sama lapas pas Lebaran," aku narapidana kasus narkoba tersebut. 

Baca Juga: Cicipi Sayur dan Sambal, Petugas Lapas Kedungpane Temukan Pil Koplo

2. Pembesuk dilarang tengok napi

Gak Boleh Dijenguk, Napi Narkoba Semarang Terharu Video Call KeluargaSejumlah keluarga yang dilarang menjenguk hanya bisa video call dengan narapidana di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Tri Saptono Sambudji mengatakan, para narapidana diberikan fasilitas video call lantaran pada Lebaran tahun ini pihaknya masih melarang kunjungan para pembesuk. 

"Kunjungan tatap muka masih belum bisa dilaksanakan untuk mencegah penyebaran COVID-19," tegasnya. 

Menurutnya, sarana video call menjadi opsi yang bagus untuk memfasilitasi keluarga dan narapidana supaya bisa kangen-kangenan saat Lebaran. 

"Komunikasi dengan keluarga merupakan salah satu hak narapidana, sehingga kami tetap menyediakan kunjungan online melalui video call," akunya.

3. Para sipir lapas akan bantu hubungkan komunikasi keluarga dan napi

Gak Boleh Dijenguk, Napi Narkoba Semarang Terharu Video Call KeluargaSeorang petugas mengecek makanan yang dibawa keluarga narapidana di Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Ia berjanji, para sipirnya selalu siap membantu menghubungkan narapidana dengan keluarganya meskipun di hari libur Lebaran. 

Selain itu, sipirnya juga melayani pengiriman barang dan makanan dengan layanan drive thru. Khusus tiga hari momentum Lebaran, ada tiga drive thru mulai Pagi hingga Sore hari.

"Kita lakukan pemeriksaan yang ketat bersama Polsek serta Koramil Ngaliyan," cetusnya.

Baca Juga: Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi Perhatian

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya