Hadapi Bencana saat Kemarau, Kota Semarang Tambah Alat EWS

Semarang juga rancang kampung siaga bencana

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang sedang berupaya menambah peralatan early warning sistem (EWS) untik mengantisipasi potensi bencana alam yang muncul selama memasuki musim kemarau. 

Peralatan EWS yang sudah dipasang saat ini tersebar di wilayah Bringin Ngaliyan, Wonosari, Mangkang Wetan, Sungai Pengkol Meteseh dan Karangroto, Genuk serta Sukorejo.

1. BPBD Semarang pasang EWS di dua sungai besar

Hadapi Bencana saat Kemarau, Kota Semarang Tambah Alat EWSUnsplash/Markus Spiske

Sekretaris BPBD Kota Semarang Winarsono, mengungkapkan perlengkapan EWS nantinya akan ditambah di area Sungai Banjir Kanal Barat dan Kanal Timur. 

"Penambahan akan kita lakukan secepatnya. Termasuk memasang EWS untuk tahun depan. Lokasinya ada di Sungai Banjir Kanal Barat dan Banjir Kanal Timur," katanya, Rabu (26/9/2020). 

Baca Juga: Musim Kemarau Tapi Curah Hujan Tinggi di Indonesia, Ini Sebabnya

2. Saat ini sudah ada 58 kampung siaga bencana yang dibangun di Semarang

Hadapi Bencana saat Kemarau, Kota Semarang Tambah Alat EWSIDN Times/Wildan Ibnu

Ia menjelaskan saat ini sudah ada 58 kampung siaga bencana telah didirikan di 16 kecamatan. Upaya ini untuk mengantisipasi bencana banjir, longsor maupun puting beliung yang terjadi saat musim kemarau. 

3. BPBD perkirakan Semarang akan terkena kekeringan selama kemarau

Hadapi Bencana saat Kemarau, Kota Semarang Tambah Alat EWSDroping air bersih di wilayah Kabupaten Ponorogo sebagai dampak musim kemarau tahun ini. Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk tahun 2020, ujarnya masih ada delapan kampung siaga bencana yang akan dibangun lagi di sejumlah kelurahan. 

"Terakhir kemarin kita bikin kampung siaga juga di Tugurejo, dan Randugarut di Tugu. Kita berharap agar warga paham potensi bencana sehingga bisa berkoordinasi dengan BPBD," jelasnya. 

Hingga saat ini, pihaknya memperkirakan bencana yang muncul di Semarang seperti tanah longsor, kekeringan di sejumlah kampung hingga dampak kelangkaan air bersih. 

Baca Juga: Siap-siap! Wilayah Ini Hadapi Puncak Kemarau Agustus dan September

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya