Hampir Terseret Arus Sungai, 5 Penumpang Jeep Dievakuasi Pakai Perahu

Ada bocah 6 tahun yang selamat

Magelang, IDN Times - Peristiwa naiknya debit air Sungai Ngasinan, di Desa Kembanglimus, Borobodur, Kabupaten Magelang, pada Jumat (17/12/2021) Petang akan selalu diingat oleh Hanti dan keluarganya. 

Betapa tidak, Hanti yang awalnya berniat mengajak plesiran keluarganya dengan naik mobil Jeep justru menimbulkan petaka.

1. Ada bocah yang terjebak arus sungai deras

Hampir Terseret Arus Sungai, 5 Penumpang Jeep Dievakuasi Pakai PerahuSeorang bocah terlihat memakai pelampung saat diselamatkan tim SAR menggunakan perahu karet. (Dok Humas SAR Semarang)

Tim SAR Semarang mendapatkan informasi jika selain Hanti, penumpang Jeep lainnya bernama Bisma (23), Putri Eka Wati (18), Akilarianti (10), dan Afrinsakira Kalisa (6).

Kelima orang itu diketahui nyaris terseret arus Sungai Ngasinan sekitar jam 16.00 WIB sore kemarin.

Baca Juga: Ikut Borobudur Marathon, Ganjar Ngaku Kecapekan, Jalannya Sempoyongan

2. Sopir Jeep berusaha menyeberangi sungai tapi gagal

Hampir Terseret Arus Sungai, 5 Penumpang Jeep Dievakuasi Pakai PerahuBeginilah suasana penyelematan terhadap lima penumpang Jeep yang terjebak arus sungai yang deras di Sungai Ngasinan Borobudur, Magelang. (Dok Humas SAR Semarang)

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto mengaku ada lima penumpang Jeep semula sedang berlibur dengan menyusuri jalur susur Sungai Ngasinan. Tak lama kemudian debit air yang naik menyebabkan sungai meluap dan menimbulkan banjir di area susur sungai. 

"Sopir Jeepnya lalu berusaha menyeberang ke daratan. Tapi karena arusnya deras jadinya gagal. Kita dapat laporan dari warga bahwa Jeep yang ditumpangi lima orang itu telah terjebak arus yang deras sehingga mandek di tengah sungai," ujar Heru, Sabtu (18/12/2021).

3. Relawan SAR selamatkan lima penumpang Jeep pakai perahu rafting

Hampir Terseret Arus Sungai, 5 Penumpang Jeep Dievakuasi Pakai PerahuPerahu karet yang diturunkan guna melakukan pencarian korban hanyut (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pihaknya menyatakan seluruh penumpang Jeep lalu dievakuasi oleh tim SAR yang datang ke lokasi susur sungai. 

Relawan SAR Unit Siaga Borobudur yang dipimpin Basuki selanjutnya mengerahkan satu regu dengan memakai perahu rafting guna menolong lima penumpang Jeep.

Heru menuturkan lebar Sungai Ngasinan sekitar 15 meter. Ia memastikan lima penumpang Jeep berhasil diselamatkan tanpa luka sedikitpun.

"Operasi penyelamatan tim SAR dengan metode susur sungai. Relawan SAR ada yang mendayung rafting buat menjemput lima orang di dalam Jeep. Untungnya semua penumpang Jeepnya selamat," bebernya.

Menurut Heru lima penumpang Jeep bisa dibawa ke tempat yang aman sekitar jam 18.15 WIB.

"Dengan berhasilnya evakuasi maka operasi SAR dinyatakan selesai dan tim yang terlibat kembali kesatuan masing-masing" kata Heru.

Baca Juga: Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung Sungai

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya