Hujan dan Kabut, Roni Luka Berat Terpeleset di Puncak Gunung Slamet!

Rony dalam kondisi sadar saat dibawa turun basecamp

Cilacap, IDN Times - Nasib naas dialami Rony saat menikmati momentum malam mingguan di Gunung Slamet, pada Sabtu (12/3/2022). Rony yang berhasil naik ke puncak Gunung Slamet bersama tujuh temannya justru mengalami musibah. 

Informasi yang diperoleh dari Basarnas Cilacap menyebutkan jika Rony yang tercatat sebagai warga Kampung Kramat terpeleset saat berada di Pos 9 Gunung Slamet. 

 

1. Rony terpeleset di puncak Gunung Slamet

Hujan dan Kabut, Roni Luka Berat Terpeleset di Puncak Gunung Slamet!ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Latief, seorang personel Basarnas Cilacap mengaku musibah yang dialami Rony tersebut berada di titik ketinggian 3.127 meter diatas permukaan laut (Mdpl). 

"Kita dapat laporan dari regu SAR gabungan bahwa survivor atas nama Rony N tergelincir saat nge-camp di Pos 9 Gunung Slamet bersama tujuh temannya. Kejadiannya pas dia habis liburan malam minggu kemarin. Dan Pos 9 merupakan titik tertinggi dari Gunung Slamet karena di sana sudah tidak ada vegetasi sama sekali," kata Latief ketika berbincang dengan IDN Times via telepon, Minggu (13/3/2022). 

Baca Juga: 7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudah

2. Rony cedera berat pada bagian pelipisnya

Hujan dan Kabut, Roni Luka Berat Terpeleset di Puncak Gunung Slamet!Kondisi basecamp Pos 1 Gunung Slamet di jalur Blambangan Purbalingga. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Menurut Latief, Rony diketahui mengalami luka parah pada bagian pelipis kepalanya. Ia menduga Rony terhantar bebatuan ketika jatuh terjembab di Pos 9 Gunung Slamet. 

Ketika kejadian, katanya beberapa rekan melaporkan kepada Basarnas kalau kondisi cuaca di puncak Gunung Slamet sedang berkabut. Selain itu, hujan juga mengguyur sekitar puncak Gunung Slamet. 

"Rekan-rekan survivor memberi kabar kepada kita kalau cuaca di puncak Slamet berkabut dan hujan. Maka survivor yang terpeleset juga mengalami cedera berat pada pelipisnya. Kita tidak tahu seberapa parah lukanya, tetapi pas personel gabungan SAR tiba di sana hari Minggu pagi, dia dalam kondisi sadar dan lukanya bisa diatasi," terangnya.

3. Rony sedang dibawa turun ke basecamp Gunung Slamet

Hujan dan Kabut, Roni Luka Berat Terpeleset di Puncak Gunung Slamet!Basecamp Gunung Slamet di jalur Blambangan Purbalingga. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Latief mengungkapkan proses evakuasi saat ini sedang dilakukan personelnya. SAR gabungan sudah tiba di puncak Gunung Slamet dan sedang dalam perjalanan membawa turun Rony menuju basecamp di Pos 1.

"Jarak tempuh Pos 9 dengan Pos 1 selama lima jam. Tadi sore ada personel yang mengabarkan kalau sedang menuju basecamp. Kemungkinan malam ini sudah sampai ke Pos 1," ujar Latief. 

4. Pos 9 berada di jalur pendakian Blambangan

Hujan dan Kabut, Roni Luka Berat Terpeleset di Puncak Gunung Slamet!Personel gabungan Basarnas Cilacap di pos 1 Gunung Slamet. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

I Nyoman Sidakarya, Kepala Basarnas Cilacap berkata informasi mengenai kejadian yang dialami Rony di puncak Gunung Slamet pertama kali didapat dari Hery, seorang anggota SAR Purbalingga. 

"Survivor terjatuh di Pos 9 tepatnya di jalur pendakian Bambangan, Kecamatan Kutabawa Purbalingga. Dia jatuh jam 10.35 WIB pagi tadi. Kita kemudian melakukan pertolongan cepat dengan membawanya turun gunung agar mendapatkan perawatan intensif," benernya. 

Baca Juga: Remuk! Guru di Purbalingga Perkosa 5 SMP, Diancam Dapat Nilai Jelek

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya