Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi Perhatian

Seorang pemakai narkoba pede ikut lomba karaoke

Semarang, IDN Times - Ryan, seorang narapidana kasus narkotika ikut unjuk kebolehan dalam ajang lomba Karaoke yang diadakan pengelola Lapas Kelas IA Kedungpane, Semarang. 

Berdasarkan penuturan pihak lapas, Ryan sejak empat tahun terakhir mendekam di dalam Lapas Kedungpane karena kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang. 

"Kita sudah dapatkan lima orang dengan nilai terbaik, Mas. Hari ini akan ditandingkan lagi. Sementara nilai tettinggi diraih oleh Ryan, dia napi kasus narkoba," kata Humas Lapas Kedungpane, Fajar Sodiq kepada IDN Times, Jumat (1/4/2022). 

1. Ryan pede ikut lomba karaoke

Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi PerhatianSalah satu narapidana Lapas Kedungpane saat ikut lomba karaoke. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane)

Ryan dipenjara di Lapas Kedungpane lantaran terbukti menjadi pemakai narkoba. Meski begitu, narapidana tersebut tetap percaya diri saat ikut lomba karaoke yang digelar untuk menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58.

Uniknya, pihak lapas bekerjasama dengan sejumlah mahasiswa dari Universitas Kristen Widya Wacana (UKSW) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) untuk menjadi juri lomba karaoke.

"Jurinya dari UKSW dan Udinus. Masing-masing ada Sindy, Irda, Hesti, Priska, Kevin, Nathan, Ade," ujarnya. 

Baca Juga: Bola Isi Sabu Nyangkut di Tembok Lapas Kedungpane, Polisi Ngaku Sudah Patroli

2. Seorang juri memuji penampilan para napi

Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi PerhatianSejumlah mahasiswa memakai masker saat jadi juri karaoke di Lapas Kedungpane. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane)

Tampak 30 narapidana yang dipilih dari perwakilan blok hunian. Mereka saling bergiliran tampil bernyanyi. Para narapidana membawakan lagu wajib berjudul Buih Jadi Permadani dan lagu pilihan masing-masing. 

"Penampilannya luar biasa, selain memiliki teknik suara yang mumpuni, penghayatan dan penguasaan lagunya sangat bagus, serta dibumbui dengan body languange yang bagus," ujar Sindy, seorang juri. 

3. Lomba karaoke untuk memoles kemampuan para napi Kedungpane

Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi PerhatianKalapas Kedungpane saat memberi arahan ketika lomba karaoke berlangsung. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kedungpane)

Ajang lomba karaoke merupakan acara yang memang diperuntukan bagi para narapidana. Lomba ini diselenggarakannya guna mencari bibit penyanyi berbakat pada narapidana saat peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58.

Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane, Tri Saptono Sambudji menyampaikan, lomba karaoke harus berlangsung tertib dan menghibur semua yang hadir. 

"Kami yakin tiap napi punya keahlian masing-masing, termasuk jago nyanyi. Maka dari itu kami adakan ajang ini untuk memoles keterampilan mereka," paparnya. 

4. Kegiatan untuk memupuk kebersamaan sesama napi

Ikut Lomba Karaoke, Napi Narkoba di Semarang Curi PerhatianPara narapidana Lapas Kedungpane menenteng tasnya masing-masing saat digiring menuju bus untuk dipindahkan ke sejumlah lapas. Dok Humas Lapas Kedungpane

Ia bilang, animo narapidana ikut lomba karaoke tergolong sangat tinggi.

"Ini jadi hiburan napi. Hadiah bukanlah yang utama, tapi kemeriahan, kebahagiaan dan kebersamaan yang musti dipupuk bersama," terangnya. 

Baca Juga: Jadi Penadah Sabu, Napi Lapas Kedungpane Dijebloskan Sel Maximum Security 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya