Ikut Sertifikasi Profesi, 100 Musisi Diuji Mainkan Beragam Alat Musik

Mulai dari gitar, biola, hingga saksofon

Semarang, IDN Times - Seratusan musisi lintas genre mengikuti rangkaian uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi profesi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang digelar di Gets Hotel, Jalan MT Haryono, Mataram, Kecamatan Semarang Timur.

1. Musisi di Semarang diuji tiga aspek, dari keahlian memainkan alatnya, pengetahuan bermusik dan profesionalitasnya

Ikut Sertifikasi Profesi, 100 Musisi Diuji Mainkan Beragam Alat MusikIDN Times/Helmi Shemi

Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ari Juliana Gema menyatakan, para musisi di daerah bakal diuji dari tiga aspek. Pertama mengenai keahlian mereka memainkan alat musik, kemudian pengetahuan dalam bermusik serta terakhir mengenai profesionalitas perilakunya selama bermain musik.

"Tiga inilah yang akan diujikan oleh tim asesor yang akan dilihat apakah kompeten atau tidak," ungkapnya, Selasa (27/8).

Baca Juga: Sertifikasi Ukir Kayu Terganjal Keterbatasan Dana Bekraf

2. Agar industri musik Tanah Air dapat berkembang dengan dinamis

Ikut Sertifikasi Profesi, 100 Musisi Diuji Mainkan Beragam Alat MusikANTARA FOTO/R. Rekotomo

Juliana mengaku saat ini melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi Musik untuk memperketat penerbitan sertifikasi profesi bagi para musisi.

Menurutnya, hal ini perlu dilakukan agar industri musik tanah air dapat berkembang dengan dinamis tanpa mengesampingkan kualitas pada senimannya.

3. Para musisi diminta meningkatkan kemampuannya

Ikut Sertifikasi Profesi, 100 Musisi Diuji Mainkan Beragam Alat Musikpexels.com/Porapak Apichodilok

Lebih lanjut, Juliana mengatakan, ke depan para musisi mampu meningkatkan keahliannya sehingga keberadaan sertifikat kompetensi dari Bekraf bisa menaikkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional. 

"Sertifikasi profesi ini memberikan nilai tambah. Kita tidak menjanjikan sertifikasi profesi memberikan kesuksesan, tapi bagaimana dia diakui kompetensinya sehingga memiliki nilai tambah," urainya.

Ia menambahkan bahwa selain Semarang, Bekraf juga menyambangi tiga kota lainnya. Yakni, Ambon, Medan dan terakhir nanti ke Kutai Kertanegara.

Baca Juga: Kali Pertama di Medan, 100 Musisi Ikut Sertifikasi Profesi

4. Tiap musisi diuji main ragam alat, termasuk drum, gitar sampai saksofon

Ikut Sertifikasi Profesi, 100 Musisi Diuji Mainkan Beragam Alat MusikEverything Sherlock

Direktur LSP Musik Johnny W. Maukar mengklaim bila penerbitan sertifikat profesi bagi para musisi daerah sudah mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

"Di Semarang ada seratus orang yang ikut uji kompetensi. Masing-masing musisi kita uji main gitar, bass, drum, keyboard, saksofon, biola hingga piano. Jadinya kita berharap apa yang mereka miliki selama ini bisa mengharumkan bangsa sekaligus mengasah kemampuannya agar dapat bersaing dengan lainnya," ujar Maukar.

Baca Juga: Tingkatkan Industri Kreatif, Jokowi Usul Bekraf Jadi Kementerian

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya