Inilah Elwasi Alat Pendeteksi Longsor Ciptaan BPBD Banjarnegara

Juara umum lomba Kreanova tingkat provinsi Jateng 2019

Banjarnegara, IDN Times - Berada di kawasan tebing-tebing yang tinggi membuat masyarakat Kabupaten Banjarnegara kerap was-was akan potensi bencana tanah longsor.

Upaya untuk mengantisipasi munculnya tanah longsor pun terus diupayakan oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Salah satu yang dilakukan BPBD yakni menciptakan peralatan pendeteksi longsor dengan biaya yang terjangkau.

1. Elwasi bisa mencegah longsor sejak awal

Inilah Elwasi Alat Pendeteksi Longsor Ciptaan BPBD BanjarnegaraIDN Times/Fariz Fardianto

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Banjarnegara, Andri Sulistyo mengungkapkan para petugasnya saat ini telah membuat sebuah alat portabel bernama Elwasi. 

"Sesuai namanya, Elwasi kepanjangannya eling, waspada kan siaga. Sehingga dengan alat ini paling tidak, bisa membuat kami berupaya melakukan pencegahan terhadap bahaya longsoran tanah sejak awal," ujar Andri kepada IDN Times, Sabtu pagi (21/9).

Baca Juga: Kekeringan, Warga Banjarnegara Terima 260 Ribu Liter Air Bersih

2. Dilengkapi sirine sebagai penanda bahaya longsor

Inilah Elwasi Alat Pendeteksi Longsor Ciptaan BPBD BanjarnegaraIDN Times/Fariz Fardianto

Alat tersebut, katanya berbentuk kotak yang dilengkapi tiang pancang dan sirine yang dapat ditanam ke dalam tanah yang rawan longsor.

Cara kerjanya terdapat dua tiang pancang yang ditanam di dalam tanah yang masuk zona merah rawan longsor. Kemudian pergerakan tanah akan terdeteksi per lima sentimeter dengan penanda lampu yang berbeda-beda.

Jika rekahan tanah seluas 5 sentimeter, kedua sirine yang berbunyi nyaring jadi peringatan bagi masyarakat agar perlu waspada terhadap potensi longsor.

"Jadinya warga bisa ngecek langsung, kalau memang ditemukan rekahan tanah yang lebar, langsung ditimbun agar lubangnya tertutup dengan rapat," akunya.

Baca Juga: 5 Fakta Unik tentang Pengantin Kreatif dari Banjarnegara

3. Sudah diujicoba setahun lebih

Inilah Elwasi Alat Pendeteksi Longsor Ciptaan BPBD BanjarnegaraIDN Times/ M. Idris

Elwasi telah diujicobakan lebih dari setahun terakhir oleh para staf BPBD Banjarnegara. "Niatan kami demi mengurangi dampak bencana longsor," paparnya.

Baca Juga: Waspada! Ini 10 Jalur Rawan Longsor saat Mudik di Jawa Tengah 

4. Menyabet juara umum lomba Kreanova tingkat provinsi 2019

Inilah Elwasi Alat Pendeteksi Longsor Ciptaan BPBD BanjarnegaraIDN Times/Fariz Fardianto

Di tahun ini, Elwasi dilombakan dalam ajang Kreanova Jawa Tengah 2019 yang diselenggarakan oleh Bappeda Jawa Tengah.

Lebih jauh, Ia menuturkan kehandalan alat itu mampu memikat para panelis dalam lomba Kreanova Jateng. Hal ini membuat produk karya BPBD Banjarnegara tersebut mampu meraih juara umum menyisihkan ratusan peserta lainnya. Ini jadi raihan juara kedua kali berturut-turut sejak tahun lalu. 

"Alhamdulillah, terimakasih dukungan semua pihak atas penghargaan ini semoga bermanfaat bagi masyarakat untuk menanggulangi bencana. Kita akan terus kembangkan alat ini supaya mampu mencegah terjadinya longsor," tutupnya.

Baca Juga: Atasi Kebakaran Hutan, BPBD Pinjam Alat Water Bombing ke Penerbad

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya