Jateng Siapkan Bus, Kereta dan Kapal untuk Mudik Gratis, Ayo Daftar! 

Untuk menekan tingkat kemacetan dan kecelakaan

Semarang, IDN Times - Pemprov Jawa Tengah menyiapkan ratusan armada bus gratis untuk pemudik asal Jateng mulai 1 Juni. Sementara tiga kereta api dan Kapal Roro bakal melayani mudik gratis mulai 31 Mei. 

"Total jumlah armada ada 290 bus dan tiga kereta api. Pendaftaran mudik gratis sudah dibuka sejak April ," kata Kepala Dinas Perhubungan Jateng, Satriyo Hidayat,  Sabtu (18/5).

Baca Juga: Mau Mudik Gratis ke Yogyakarta? Bareng IDN Times Aja!

1. Mudik gratis berangkat dari TMII dan Stasiun Pasar Senen

Jateng Siapkan Bus, Kereta dan Kapal untuk Mudik Gratis, Ayo Daftar! 

Lebih lanjut, Satriyo mengungkapkan perjalanan mudik gratis akan diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Para pemudik, katanya, cukup menunjukan KTP di kantor perwakilan Pemprov Jateng, Jalan Prapanca II Jakarta Selatan.

Dia memerinci dari 290 armada bus, sebanyak 210 armada diberangkatkan pagi dan 80 bus lainnya berangkat siang. Dari jumlah itu, 50 bus di antaranya khusus mengantarkan pemudik ke Kabupaten Wonogiri dan 30 bus lainnya menuju Karanganyar.

2. Kemenhub sediakan bus gratis menuju empat daerah di Jateng

Baca Juga: Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di Indonesia

Jateng Siapkan Bus, Kereta dan Kapal untuk Mudik Gratis, Ayo Daftar! ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Satriyo melanjutkan di luar 290 bus itu, masih tersedia bus mudik gratis yang disiapkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang totalnya mencapai 800 bus. Armada tersebut nantinya dipakai untuk mengangkut para pemudik dari Jakarta menuju Solo, Semarang, Purwokerto dan Wonogiri. 

"Kemenhub juga menyiapkan 75 truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik," jelas dia.

Mudik gratis juga disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta, yaitu 210 bus dan 90 truk untuk mengangkut pemudik yang ingin pulang kampung ke Jateng. Armada ini khusus untuk yang ber-KTP Jakarta, namun ingin mudik ke Jateng. Armada tersebut juga akan melayani arus balik pada H+3 Lebaran. 

Sedangkan KAI menyiapkan tiga rangkaian kereta untuk mudik gratis mulai 31 Mei dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, menuju Solo, Semarang dan Purwokerto. Pada tanggal yang sama, Kapal Roro disiapkan gratis untuk mengangkut 2.000 pemudik dan 2.000 sepeda motor dari Tanjung Priok.

3. Mudik gratis untuk menekan kemacetan dan angka kecelakaan

Baca Juga: Ini Prediksi Arus Mudik Lebaran 2019 Versi PT KAI

Jateng Siapkan Bus, Kereta dan Kapal untuk Mudik Gratis, Ayo Daftar! ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

Satriyo menyampaikan fasilitas mudik gratis untuk menekan kemacetan dan angka kecelakaan di jalan raya. Karena itu, kata Satriyo, pihaknya berharap pemudik akan memanfaatkan fasilitas mudik gratis tersebut. 

"Perkiraan kami, semua armada mudik gratis bisa mengangkut 14.460 orang. Mudah-mudahan ini akan mengurangi kepadatan sepeda motor saat mudik sehingga angka kecelakaan dapat ditekan," ujar Satriyo. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya