Jelang Tahun Baru, Kota Semarang Diterjang Banjir, Ini Titik Terparah

Aktivitas di pusat kota tersendat

Semarang, IDN Times - Hujan sejak semalam suntuk telah menyebabkan semua wilayah kecamatan di Kota Semarang bagian bawah terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Banjir juga melumpuhkan akes jalan raya di kawasan Kota Lama. Banjir yang merendam Semarang kali ini tepat saat menjelang perayaan pergantian akhir tahun 2022.

Baca Juga: 16.716 Nelayan Kecil di Jateng Gagal Melaut Akibat Dilanda Ombak Tinggi

1. Plt Kepala BPBD Semarang belum dapat data daerah yang dilanda banjir

Jelang Tahun Baru, Kota Semarang Diterjang Banjir, Ini Titik TerparahIlustrasi. ANTARA FOTO/Jojon

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Semarang, Iswar Aminudin mengatakan banjir disebabkan badan sungai yang tak bisa lagi menampung aliran air akibat hujan deras dari wilayah atas Semarang. 

"Karena Semarang ini kan sebagian besar daerahnya ada di dataran rendah, jadinya bencana banjir tidak bisa dihindarkan. Apalagi ada curah hujan sangat tinggi," kata Iswar saat dikontak IDN Times, Sabtu (31/12/2022). 

Iswar mengaku masih mendata semua daerah yang terdampak banjir hari ini. Ia belum mendapat data daerah yang terdampak banjir. 

Ia mengatakan petugas BPBD masih bergerak ke lokasi banjir untuk melakukan sejumlah penanganan terhadap warga yang terdampak. 

2. Semarang Utara, Pedurungan yang parah diterjang banjir

Jelang Tahun Baru, Kota Semarang Diterjang Banjir, Ini Titik TerparahIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, ia mengatakan daerah yang terparah terkena banjir ialah Kecamatan Semarang Utara, Kecamatan Gayamsari, Pedurungan dan pusat kota Semarang. 

"Kalau yang terparah tentunya yang wilayahnya di pesisir dan dataran yang rendah. Kita perkirakan ada di Semarang Utara, Pedurungan itu yang parah banjirnya," tambahnya. 

3. Semua jalan Kota Lama juga terendam banjir

Jelang Tahun Baru, Kota Semarang Diterjang Banjir, Ini Titik TerparahSejumlah muda-mudi berlalu lalang saat menikmati liburan di kawasan Gereja Blenduk. IDN Times/Fariz Fardianto

Iswar juga menyampaikan banjir setinggi 50 sentimeter juga merendam seluruh kawasan wisata Kota Lama. Jalan raya yang menghubungkan akses ke Kota Lama mulai Jalan Letjen Suprapto, Jalan Kepodang, Jalan Cendrawasih, dan Jalan Imam Bonjol juga terendam banjir dengan titik ketinggian bervariasi. 

"Kota Lama info yang saya dapatkan sementara banjirnya 50 sentimeter," ujar Iswar. 

4. Banjir terparah ada di daerah cekungan Muktiharjo, Gayamsari dan Pedurungan

Jelang Tahun Baru, Kota Semarang Diterjang Banjir, Ini Titik TerparahGanjar saat cek banjir di Kaligawe Semarang. Dok humas Pemprov Jateng

Diakuinya untuk wilayah yang memiliki cekungan tanah yang tajam memang butuh penanganan ekstra ketika dilanda banjir. Sementara ini data yang ia terima daerah cekungan yang terendam banjir terparah ada di Muktiharjo, Gayamsari dan Pedurungan. 

"Banyak sekali wilayah cekungan di Semarang. Kalau yang sering kebanjiran itu kan cekungan di Gayamsari, Muktiharjo Kidul dan Pedurungan. Tentunya kalau air sungainya sudah surut nantinya daerah cekungan yang tidak bisa lancar gravitasi sungainya akan kita bantu dengan pompa penyedot banjir. Tapi kalau daerah lainnya saya rasa begitu sungainya surut pasti genangan hilang karena mengikuti aliran gravitasi sungainya," paparnya. 

Baca Juga: Simpang Lima Banjir, Jalan Protokol di Kota Semarang Terendam Air

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya