Jika Maju Pilwakot Solo, Gibran Bakal Lawan Kotak Kosong

Kans gibran untuk nyalon masih terbuka lebar

Surakarta, IDN TImes - Elite politik Partai Golongan Karya (Golkar) sedang mematangkan strategi pemenangan untuk Pilkada serentak 2020 nanti. 

Salah satu opsi terkuatnya yaitu berkoalisi dengan sejumlah partai untuk mengusung putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka di bursa Pilwakot Solo. 

1. Golkar jajaki koalisi dengan partai lainnya

Jika Maju Pilwakot Solo, Gibran Bakal Lawan Kotak KosongIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketua Pelaksana Harian DPD Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono mengatakan pihaknya saat ini menjajaki komunikasi dengan sejumlah partai untuk mengusung Gibran menjadi calon wali kota Solo. 

Menurutnya Gibran punya potensi yang bagus mengingat figurnya yang masih muda serta sejumlah faktor teknis lainnya. 

"Dia kan kabarnya bisa nyalon lewat DPC, DPD maupun DPP PDIP. Nah, kita tunggu dulu rekomendasi dari DPP. Kalau memang direstui, maka Gibran akan melawan kotak kosong. Karena kita kan arahnya ke sana," ungkap Iqbal kepada IDN Times, Senin (11/11). 

Baca Juga: Pak Jokowi, Seharusnya Anda Rem Keinginan Gibran Ikut Pilkada 2020

2. Gibran jadi incaran banyak partai

Jika Maju Pilwakot Solo, Gibran Bakal Lawan Kotak KosongIDN Times/Irfan Fathurohman

Diakuinya pula bahwa saat ini sosok Gibran menjadi incaran sejumlah partai lain yang bertarung di Pilwakot. Golkar, katanya saat ini melihat peluang besar untuk mengusung Gibran karena proses penjaringan belum dilakukan oleh PDIP. 

"Gibran ini berpotensi menjadi rebutan sejumlah partai. Dulu Gibran kan dulu katanya tidak boleh nyalon. Katanya sudah ditutup. Di sisi lain, dia kan masih menunggu restu dari DPP PDIP.  Kalau hasilnya diluar harapan Mas Gibran, tentunya masih ada 15 kursi di luar PDI Perjuangan. Kalau Gibran bisa dicalonkan di luar PDIP, itu baru top," katanya. 

“Kan kita hanya dapat tiga kursi. Kita kan harus komunikasi dengan PKS, PAN dan PSI. kita tidak bisa ngotot," sambungnya. 

Baca Juga: PDIP Jateng Buka Kesempatan Gibran Rakabuming Daftar Pilwalkot Solo

3. Golkar targetkan menang 30 persen di Pilkada 2020

Jika Maju Pilwakot Solo, Gibran Bakal Lawan Kotak KosongANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Untuk saat ini, Golkar secara keseluruhan menargetkan kemenangan 30 persen dari 21 kabupaten/kota yang ikut Pilkada 2020 nanti. 

Di Kota Pekalongan, partainya bakal mengusung calon sendiri. "Yang lainnya kita bisa berkoalisi. Target kita menang 30 persen," terangnya. 

Baca Juga: Buntut Ribut di Musda, Wakil Ketua Golkar Sulsel Jadi Tersangka

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya