Kantor Pos Johar Salurkan BLT BBM Selama 10 Hari bagi 78 Ribu Warga Semarang

Masing-masing KPM dapat BLT BBM Rp300 ribu

Semarang, IDN Times - Sebanyak 78.000 lebih warga Kota Semarang dipastikan memperoleh bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). 

Proses pencairan uang dari program BLT BBM dilakukan di Kantor Pos Johar mulai hari ini, Kamis (8/9/2022) sampai 17 September 2022 mendatang. 

Baca Juga: Baru 50 Keluarga di Semarang yang Dapat, Ini Cara Cek Penerima BLT BBM

1. Hari ini ada 51 warga Semarang yang dapat uang BLT BBM

Kantor Pos Johar Salurkan BLT BBM Selama 10 Hari bagi 78 Ribu Warga SemarangIlustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Kepala Kantor Pos Johar Semarang, Muhammad Ramdan mengatakan pemberian BLT BBM yang ditargetkan selama 10 hari sesuai instruksi pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos). 

Di hari ini, Kantor Pos Johar mencairkan uang BLT BBM bagi 510 keluarga penerima manfaat (KPM). 

"Jumlah BLT BBM yang disalurkan hari ini buat 510 KPM. Jadwal besok masih dihitung lagi. Pencairan BLT BBM dibagi beberapa tahapan. Untuk tahap pertama ini disalurkan untuk warga sejumlah 78 ribu lebih. Untuk yang lainnya masih kita hitung datanya ya. Tetapi kita ditarget selesai. sampai tanggal 17 September," ujar Ramdan kepada IDN Times. 

2. Masing-masing penerima manfaat dapat jatah BLT BBM Rp300 ribu

Kantor Pos Johar Salurkan BLT BBM Selama 10 Hari bagi 78 Ribu Warga SemarangKementerian Sosial menyalurkan BLT Minyak Goreng di Kepulauan Riau, Kamis (20/5/2022). (dok. Kemensos)

Menurutnya setiap penerima manfaat akan mendapatkan uang dari BLT BBM sebanyak Rp150 ribu yang diterima langsung dua bulan sehingga totalnya mendapat Rp300 ribu. 

Ramdan mengaku sampai saat ini masih menghimpun data keseluruhan jumlah penerima manfaat yang berhak mendapatkan BLT BBM. Sinkronisasi data terus dilakukan bersama tim Dinsos Jawa Tengah dan Dinsos Kota Semarang. 

"Saya masih mengulik data berapa banyak jumlah penerima manfaat untuk program BLT BBM. Soalnya data yang dikirimkan Kemensos dikerjakan bertahap," ujarnya. 

3. Bantuan BPNT juga disalurkan bersamaan dengan BLT BBM

Kantor Pos Johar Salurkan BLT BBM Selama 10 Hari bagi 78 Ribu Warga SemarangKementerian Sosial menyalurkan BLT Minyak Goreng di Kepulauan Riau, Kamis (20/5/2022). (dok. Kemensos)

Dalam pelaksanaannya, selain mencairkan uang BLT BBM, Ramdan juga mendapat perintah untuk mendistribusikan bantuan dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Untuk program BPNT, setiap penerima manfaat memperoleh jatah sembako senilai Rp200 ribu. 

Ramdan telah menjadwalkan penyaluran program BPNT yang bersamaan dengan BLT BBM. Menurut Ramdan, langkah ini sesuai dengan perintah dari Mensos Tri Rismaharini. 

"Bu Menteri juga minta BPNT disalurkan lewat kantor pos. Jadinya saat ini ada dua tahapan penyaluran. Ada warga yang terima BPNT, BLT BBM atau bisa jadi dapat dua-duanya. Kalau ditotal uang BLT BBM sebesar Rp300 ribu lalu BPNT Rp200 ribu dalam bentuk sembako," jelasnya. 

4. Kabupaten Kebumen paling banyak menerima BLT BBM

Kantor Pos Johar Salurkan BLT BBM Selama 10 Hari bagi 78 Ribu Warga SemarangPolres Kebumen melaksanakan patroli gabungan pada Selasa (10/12) malam. Dok Humas Polres Kebumen

Sementara itu, Aulia selalu Ketua Satgas Kantor Pos Regional 4 Semarang membenarkan adanya pencairan uang bantuan dari program BLT BBM yang diberikan bagi masyarakat Jawa Tengah. Penerima manfaat yang berhak sudah dimasukan dalam DTKS. 

"Yang paling banyak menerima bantuannya kali ini ya dari Kebumen. Kondisinya hampir sama sih kayak tahun lalu. Cuman yang tahun ini ada tambahan untuk pemberian BLT sebagai kompensasi kenaikan BBM," kata Aulia secara terpisah. 

Ia berharap pencairan bantuan BLT di bulan ini bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak kenaikan BBM subsidi. Seperti diketahui, harga semua jenis BBM subsidi dinaikan oleh pemerintah pusat seperti harga pertalite yang naik jadi Rp10 ribu per liter. Begitu pula harga pertamax dan solar. 

Baca Juga: Direktorat Supervisi KPK Datang, Wali Kota Semarang Anggap Sebuah Berkah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya