Kasus Kejahatan di Jateng Marak Selama 2022, Ternyata Ini Pemicunya

Kapolda Jateng ungkap penyebab banyaknya kejahatan

Semarang, IDN Times - Kasus kejahatan yang ada di Jawa Tengah melonjak selama periode Januari--Desember 2022. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengakui terdapat peningkatan kasus kejahatan sekitar 10 persen atau kurang lebih 981 kasus. 

"Namun angka (kejahatan) 10 persen ini masih kecil. Gangguan keamanannya juga berkurang 49,6 persen. Untuk penegakan hukum dan tipiring naik 35,5 persen," kata Luthfi di sela acara gathering akhir di Gedung Borobudur kompleks Mapolda Jateng, Jalan Pemuda Semarang, Kamis (29/12/2022). 

1. Kapolda Jateng ungkap penyebab naiknya angka kejahatan

Kasus Kejahatan di Jateng Marak Selama 2022, Ternyata Ini PemicunyaKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengintrogasi pelaku penimbunan BBM yang ditangkap Polda Jateng. (Dok Humas Polda Jateng)

Ia mengatakan banyak kasus kejahatan yang bermunculan tahun ini lantaran disebabkan perilaku masyarakat yang tertahan selama masa pandemik COVID-19 2,5 tahun terakhir. 

Sehingga, menurutnya, ketika memasuki tahun 2022, pergerakan perekonomian yang mulai membaik telah dimanfaatkan segelintir oknum pelaku untuk nekat melakukan tindakan kejahatan. 

Baca Juga: 2 Napi Jateng Dibebaskan saat Natal, Kepala Kemenkumham: Gak Perlu Izin KPK

2. Kejahatan disebabkan dua momen hari raya

Kasus Kejahatan di Jateng Marak Selama 2022, Ternyata Ini PemicunyaPetugas melakukan pemantauan CCTV Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru di Posko Natal dan Tahun baru Bandara Soekarno Hatta (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tak cuma itu saja, tindak kejahatan yang muncul juga dipengaruhi berbagai momentum tertentu. Terutama saat perayaan Natal maupun Idulfitri. 

"Karena yang tadinya banyak kegiatan masyarakat tertahan dengan adanya pandemik, begitu saat ini situasi ekonomi langsung naik kemudian jadi penyebabnya. Selain itu, menjelang Idulfitri dan jelang Natal kebutuhan masyarakat menjadi meningkat. Dan juga adanya kegiatan fluktuatif di tengah masyarakat. Jadinya sebagian orang berusaha mencari celah," terangnya. 

3. Proses penyelesaian perkara selama 2022 juga naik 3 persen

Kasus Kejahatan di Jateng Marak Selama 2022, Ternyata Ini PemicunyaKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi saat apel pemantapan arus mudik 2021. Dok Humas Polda Jateng

Adapun untuk penyelesaian perkara kasus selama 2022 naik 3 persen. Rinciannya ada 7.559 penyelesaian perkara tahun 2022 ketimbang kondisi 2021 ada 6.592 kasus atau mencapai 78 persen. 

Berdasarkan keterangan dari Polda Jateng, terdapat 27 orang yang berisiko mengalami kejahatan. Polda Jateng juga berasumsi bahwa dalam selang waktu 0.58.42 terjadi 1 kejadian kejahatan. 

4. Ratusan ribu knalpot brong sudah diberantas

Kasus Kejahatan di Jateng Marak Selama 2022, Ternyata Ini PemicunyaBelasan sepeda motor berknalpot brong diamankan petugas Saatlantas Polres Madiun di kawasan Alun-Alun Caruban. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara pihaknya juga menyampaikan angka kecelakaan lalu lintas meningkat 26,5 persen selama 2022. 

"Karena ada kebiasaan pengguna jalan yang lengah dan tidak fokus saat berkendara. Kita sudah kerjasama lintas sektoral dengan Dishub untuk tambah rambu dan marka jalan. Penggunaan tilang ETLE, penindakan pelanggaran ODOL dan penindakan knalpot brong. Termasuk sudah ada 156 ribu knalpot yang sudah dipotong karena peruntukannya tidak sesuai aturan," kata Luthfi. 

Baca Juga: Warga Jateng Harus Izin Intel saat Main Kembang Api di Malam Tahun Baru 2022

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya