Kelakuan Lucu Peserta Tes CPNS 2019 Mengakali Aturan Agar Bisa Ujian

Untungnya panitia sediakan sepatu dan baju untuk dipinjamkan

Semarang, IDN Times - Tahapan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS yang digelar di kampus Udinus Semarang memunculkan kisah lucu dari para peserta yang datang dari berbagai daerah.

Tak terkecuali dialami Mahardika. Ia yang datang jauh-jauh dari Pekalongan rupanya tepergok melakban sepatunya agar bisa lolos dari pemeriksaan kelengkapan pakaian dari petugas jaga. 

1. Beberapa peserta SKD kedapatan melakban sepatunya

Kelakuan Lucu Peserta Tes CPNS 2019 Mengakali Aturan Agar Bisa Ujianproclima.com

Ceritanya berawal saat para petugas mewajibkan para peserta menggunakan pakaian yang sudah diatur secara resmi. Yaitu baju bahan putih lengan panjang, celana panjang dan sepatu hitam. 

Beberapa peserta rupanya memakai sepatu yang tidak berwarna hitam. Alhasil para peserta tersebut putar otak untuk supaya bisa mengikuti ujian yakni dengan cara melakban sepatu. 

Di lokasi tes SKD CPNS, Mahardika kedapatan mengakali syarat tata cara pakaian tersebut dengan melakban sepatunya agar tampak berwarna kehitaman.

"Ini saya lagi ganti sepatu. Untungnya tadi panitianya ada yang meminjamkan sepatu ke saya. Saya masih boleh ikut ujian," katanya, Senin (10/2). 

Baca Juga: Tes CPNS 2019, Dua Pendaftar Dari Tegal Kepergok Bawa Jimat

2. Panitia tes CPNS Udinus akhirnya meminjamkan sepatu dan baju putih lengan panjang

Kelakuan Lucu Peserta Tes CPNS 2019 Mengakali Aturan Agar Bisa UjianSeorang peserta CPNS saat melihat daftar penerimaan di Udinus. IDN Times/Fariz Fardianto

Saat dikonfirmasi, Ketua Panitia Tes CPNS di Udinus, Mohamad Sidiq mengaku pihaknya sengaja menyediakan sejumlah sepatu dan baju untuk dipinjamkan kepada peserta tes. Sebab, dari pantauannya selama tes CPNS, banyak peserta yang tak memenuhi syarat dalam cara berpakaian. 

Ia bilang peserta bisa meminjam baju atau sepatu dengan mengisi identitas diri dan nomor peserta di bagian penjagaan Help Desk dekat gedung E Udinus. 

"Terutama pada pemakaian sepatu dan banyak juga peserta yang menghitamkan sepatu menggunakan lakban. Ini inisiatif kami memfasilitasi para peserta," ujar Sidiq. 

3. BKD wajibkan peserta CPNS pakai baju resmi sesuai aturan yang berlaku

Kelakuan Lucu Peserta Tes CPNS 2019 Mengakali Aturan Agar Bisa UjianSuasana saat peserta memantau nilai CPNS. IDN Times/Fariz Fardianto

Hari ini sampai besok, katanya tes SKD digelar untuk lowongan CPNS Kota Pekalongan. Kemudian Berturut-turut tes untuk CPNS Batang tanggal 12-13 Februari 2020 dan Kota Tegal 14-15 Februari. 

Pihaknya menegaskan bahwa aturan berpakaian sudah ditentukan oleh Tim BKD selaku pelaksana tes CPNS. Untuk peserta pria diwajibkan memakai baju putih berkerah dan lengan panjang. Lengkap dengan celana bahan hitam dan sepatu hitam.

Untuk peserta wanita wajib memakai celana atau rok panjang formal hitam, sepatu berwarna hitam termasuk boleh memakai flat shoes hitam dan rok plisket) dan bagi yang berhijab diwajibkan menggunakan kerudung kain hitam.

Baca Juga: Sebelum Berangkat Tes CPNS, 4 Hal Ini Jangan Sampai Terlupa

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya