Comscore Tracker

Kemarau Panjang, Suhu di Semarang Diperkirakan Tembus 38 Derajat

Hati-hati bahaya deman berdarah

Semarang, IDN Times - Musim kemarau yang berkepanjangan diperkirakan bakal memicu peningkatan suhu udara panas.

Iis Widya Harmoko, Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Kelas I BMKG Kota Semarang, mengungkapkan, naiknya suhu udara disebabkan pantulan sinar matahari yang langsung masuk ke Bumi tanpa terhalangi gumpalan awan.

"Kemudian sinar yang dipantulkan kembali ke atmosfer. Energi yang terpantul langsung ke atas langit. Dan ada sebagian yang terserap ke tanah. Fenomena seperti itu biasa terjadi selama musim kemarau," ujarnya kepada IDN Times, Kamis (18/7).

Baca Juga: Cuaca Panas Terik, Ini Tips Dokter agar Tubuh Tetap Fit

1. BMKG: Peningkatan suhu udara bisa capai titik maksimum 38 derajat

Kemarau Panjang, Suhu di Semarang Diperkirakan Tembus 38 DerajatIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Iis meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai perubahan suhu udara yang tergolong ekstrem. Puncak kemarau diperkirakan akan terjadi di akhir bulan ini hingga Agustus nanti.

"Hasil pengamatan di stasiun klimatologi Semarang, temperatur udara setiap hari bergerak naik antara 26 derajat sampai 34 derajat dengan titik maksimumnya bisa sampai 38 derajat. Dengan adanya perbedaan suhu ini, tentunya berpengaruh pada kesehatan tubuh. Bola secara fisik enggak kuat, seseorang rentan terserang penyakit," paparnya.

Baca Juga: Kemarau Panjang, BPBD Jateng Minta Warga Hindari 5 Perilaku Ini

2. Suhu terdingin ketika kemarau di Semarang sekitar 19,6 derajat

Kemarau Panjang, Suhu di Semarang Diperkirakan Tembus 38 Derajatpixabay.com/users/stocksnap

Untuk saat ini pihaknya menyatakan suhu terdingin selama musim kemarau di Semarang saat ini berada di kisaran 19,6 derajat celcius. Meski begitu, kondisinya lebih hangat ketimbang tahun lalu yang pernah mencapai titik terendah hingga 17 derajat.

"Sebab sekarang banyak awan yang menggantung di langit. Sehingga tahun ini hawanya lebih hangat dibanding tahun lalu. Yakni sekitar 19,6 derajat celcius," akunya.

3. Waspadai demam berdarah

Kemarau Panjang, Suhu di Semarang Diperkirakan Tembus 38 DerajatIDN Times/Gregorius Aryodamar

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jateng, Yulianto Sudrajat mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai demam berdarah dengue akibat kemarau yang berkepanjangan. 

"Kita ingatkan kepada warga untuk menjaga stamina tubuhnya. Selain itu warga harus rajin membersihkan jentik nyamuk karena demam berdarah sering muncul saat perubahan suhu datang dengan cepat," tandasnya. 

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Febriana Sintasari

Just For You