Kepala BPJN Ngaku Jungkir Balik Perbaiki Jalur Pantura Timur, Ditarget Kelar H-10 Lebaran

Anggaran minim tapi banyak jalan yang rusak

Semarang, IDN TimesAktivitas perbaikan jalan raya dan jembatan rusak di jalur Pantura Timur khususnya jalur Semarang-Demak-Jepara-Kudus-Pati hingga Rembang terus dikebut. Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng-DIY mematok target perbaikan jalan Pantura Timur kelar sebelum H-10 Lebaran 2023.

1. Jembatan Juwana ditarget bisa dipakai April 2023

Kepala BPJN Ngaku Jungkir Balik Perbaiki Jalur Pantura Timur, Ditarget Kelar H-10 LebaranGanjar Pranowo saat meninjau perbaikan Jembatan Juwana Pati. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Jateng-DIY, Wida Nurfaidah menjelaskan, sejumlah perbaikan pekerjaan dan perbaikan jalan saat ini dilakukan di sejumlah titik. Mulai dari Semarang, Demak, Trengguli, Jepara dan Kudus. Total panjangnya mencapai 58 kilometer. 

Sedangkan untuk perbaikan jalan di ruas Kudus, Pati, Rembang sepanjang 119,8 kilometer. 

“Kami sudah jungkir balik agar sejumlah pekerjaan bisa selesai H-10 Lebaran. Sementara untuk pekerjaan Jembatan Juwana, kami targetkan April sudah bisa difungsikan. Kami akan berusaha melakukan percepatan agar jalur transportasi di wilayah ini normal kembali,” akunya, Rabu (8/3/2023).

Baca Juga: Daftar 13 Sesar Aktif di Pantura Jateng, Berpotensi Merusak Bangunan Rumah

2. BPJN minta bantuan Dirlantas Polda Jateng

Kepala BPJN Ngaku Jungkir Balik Perbaiki Jalur Pantura Timur, Ditarget Kelar H-10 LebaranDirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryonugroho memberikan keterangan soal pelanggaran dari rekaman ETLE. (IDN Times/Humas Polda Jateng)

Untuk memperlancar arus lalu lintas, ia mengatakan sudah memberikan sejumlah solusi. Di antaranya membuat jalan memutar atau jalur pengganti. Namun, jalur itu hanya bisa digunakan untuk kendaraan kecil dan tidak bisa untuk kendaraan besar seperti kontainer.

“Kami juga sudah koordinasi dengan Dirlantas Polda Jateng untuk mengurai kemacetan di titik-titik perbaikan," kilahnya.

3. Banyak jalan harus ditingkatkan tapi anggaran terbatas

Kepala BPJN Ngaku Jungkir Balik Perbaiki Jalur Pantura Timur, Ditarget Kelar H-10 LebaranIlustrasi jalan rusak (IDN Times/Ervan)

Secara keseluruhan, Wida menjelaskan jika proyek perbaikan jalan Pantura Timur sudah masuk dalam kontrak proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Rehab mayor atau rekonstruksi penuh sudah dilakukan sejak 2022 lalu dan selesai 2024. 

“Namun pelaksanaanya secara bertahap, misalnya tahun 2022 berapa kilometer, tahun 2023 berapa dan seterusnya. Kami fokus titik-titik yang mengalami kerusakan parah terlebih dahulu, khususnya Pantura Timur karena tidak ada akses lain di jalur ini,” kata Wida.

Selain peningkatan jalan, beberapa jalan ruas yang rusak namun tidak masuk dalam kontrak perbaikan akan diperbaikan menggunakan sistem tambalan cepat mantap. Perbaikan yang bersifat non permanen akan terus dilakukan untuk mengurangi resiko akibat kerusakan jalan.

“Masih banyak ruas jalan yang harus ada peningkatannya, namun karena keterbatasan anggaran sehingga tidak bisa. Kami minta maaf kepada masyarakat, tapi kami berupaya melakukan penambalan sementara agar tidak membahayakan,” ujar Wida.

4. Ganjar Pranowo minta warga sabar

Kepala BPJN Ngaku Jungkir Balik Perbaiki Jalur Pantura Timur, Ditarget Kelar H-10 LebaranGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mengecrl kondisi Jembatan Juwana Pati. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta masyarakat bersabar selama proses perbaikan yang dikerjakan. Ia juga meminta penyelenggara jalan dan aparat kepolisian untuk mengatur lalu lintas agar kemacetan terurai.

“Saya minta ketika ada perbaikan pekerjaan, selain tim teknis yang mengerjakan ada juga tim yang mengatur lalu lintas. Sehingga tidak ada komplain dari masyarakat dan keselamatan kerja terjaga. Ya mungkin tidak bisa secepat yang diharapkan masyarakat, tapi kita menunjukkan bagaimana perbaikan atas keluhan masyarakat itu bisa kita lakukan,” kata Ganjar.

Baca Juga: Anggota Polda Jateng Terlibat Calo Bintara Jadi 7 Orang, Salah Satunya Dokter, Bakal Dipecat

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya