Kunjungi Desa Tertinggi di Jawa, Sandiaga Uno Berikan Modal Penjual Kopi

Desa Sembungan masuk 50 besar daftar desa wisata terbaik

Wonosobo, IDN Times - Desa Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo masuk dalam daftar 50 desa wisata terbaik tahun 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno mengecek kondisi desa yang berada di titik ketinggian 2.300 mdpl (meter di atas permukaan laut) itu. 

1. Desa Sembungan merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa

Kunjungi Desa Tertinggi di Jawa, Sandiaga Uno Berikan Modal Penjual Kopiindonesia kaya

Di Desa Sembungan, terdapat sejumlah obyek wisata ikonik yang menjadi magnet bagi para turis domestik maupun mancanegara. Di desa tersebut, para turis bisa melihat ruwatan cukur gimbal.

Ruwatan cukur rambut gimbal merupakan ritual anak-anak berambut gimbal. Ritual yang digelar 1 Suro itu dipercaya membersihkan anak-anak berambut gimbal dari kesialan, kesedihan atau malapetaka.

Dengan bentang alam yang berada di kawasan Telaga Sikunir, Desa Sembungan menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa. Di lokasi itu juga memiliki destinasi wisata alam Puncak Sikunir, Telaga Cebong, dan Air Terjun Sikarim. 

Baca Juga: Terpikat Tarian Unik asal Solo, Sandiaga Uno Beri Bantuan Buat Seniman

2. Sandiaga Uno temui penjual kopi

Kunjungi Desa Tertinggi di Jawa, Sandiaga Uno Berikan Modal Penjual KopiMenparekraf Sandiaga Uno menyerahkan bantuan bagi penjual kopi di Desa Sembungan Wonosobo. (IDN Times/bt)

Ketika berada di Desa Sembungan, Sandi menyapa seorang penjual kopi di Telaga Cebong Sikunir. Adalah Hartono, seorang penjual kopi yang berkesempatan ngobrol dengan Sandi. 

Hartono adalah satu dari sekian banyak warga yang menggantungkan hidupnya dari jualan kopi selama puluhan tahun. Mulanya, Hartono mengajak Sandi untuk mampir ke warungnya usai melihat makanan carica. Di sana, Sandi disuguhkan kopi dan tempe mendoan.

Selanjutnya, Hartono menyampaikan ke Sandi jika dirinya berdagang warung kopi sejak tahun 1978.

"Di sini saya dagang sudah tertua, tapi tidak punya modal pak. Tidak ada bahan-bahan di warung, kompor juga sudah rusak. Saya ingin seperti warung-warung lain gitu pak," kata Hartono. 

3. Sandiaga Uno bantu penuhi kebutuhan bagi penjual kopi

Kunjungi Desa Tertinggi di Jawa, Sandiaga Uno Berikan Modal Penjual KopiMenparekraf Sandiaga Uno memeluk pedagang kopi di Desa Sembungan Wonosobo yang diberi bantuan. (IDN Times/bt)

Tak berselang lama, Sandi menyerahkan peralatan dan berbagai kebutuhan untuk keperluan bagi warung kopi Hartono.

"Mudah-mudahan usaha pak Hartono meningkat, wisatanya pulih, dan penghasilannya tambah sehingga bisa benerin warung kopi tertua yang ada di Sikunir ini," dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (4/7/2022). 

Sandi pun memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk anak dari Hartono.

"Jadi kita agar bisa membantu meningkatkan penghasilan Pak Hartono nanti dilihat apa yang bisa dibantu, yang cepat gak pakai lama," pungkasnya. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Resmikan Kubah Basirih Banjarmasin sebagai Desa Wisata

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya