Malam-malam Buang Sampah di Sungai, Soni Kecebur di Kedalaman 12 Meter

Tim SAR turun tangan evakuasi

Banyumas, IDN Times - Pelajaran berharga didapatkan dari kejadian yang menimpa Soni. Gara-gara berniat membuang sampah di sungai, pria berusia 50 tahun itu justru terperosok dan langsung jatuh ke dalam sungai. 

Tim SAR Cilacap mendapat informasi jika Soni terperosok di Sungai Pelus, Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas, Jumat malam (28/4/2023). 

1. Soni terpeleset saat berada di tepi sungai

Malam-malam Buang Sampah di Sungai, Soni Kecebur di Kedalaman 12 MeterPenampakan warga yang tercebur sungai di Cilacap. (IDN Times/Dok Humas Basarnas Cilacap)

Adah Sudarsa, Kepala Basarnas Cilacap mengaku Soni berasal dari Desa Ledug Kecamatan Kembaran. Informasi yang diperoleh dari warga, Soni kecemplung ke dalam sungai tersebut pukul 22.30 ketika sedang membuang sampah. 

"Begitu sampai lokasi tepat di bibir Sungai Pelus, survivor terpeleset sehingga terjatuh ke sungai," katanya, Sabtu (29/4/2023). 

Baca Juga: Tiga Wisatawan Digulung Ombak Laut Selatan, SAR Cilacap Larang Bermain Air di Pantai

2. Tim SAR Banyumas bergerak ke lokasi kejadian

Malam-malam Buang Sampah di Sungai, Soni Kecebur di Kedalaman 12 Meter

Untuk mengupayakan pertolongan, pihaknya engirimkan satu tim rescuer dari USS Banyumas untuk melakukan evakuasi kepada Soni. 

Kondisi Soni saat itu masih bisa diselamatkan walaupun telah terjatuh di Sungai Pelus.

3. Soni bisa diselamatkan tapi kondisinya memar

Malam-malam Buang Sampah di Sungai, Soni Kecebur di Kedalaman 12 MeterDua penyelam dari tim SAR Cilacap terlihat memakai alat lengkap saat melacak tubuh pria misterius yang raib di Waduk Sempor Kebumen. (IDN Times/Dok Humas SAR Cilacap)

Tim SAR gabungan lalu membawa alat lengkap seperti peralatan mountaineering. Soni lalu dievakuasi dengan teknik lifting menggunakan peralatan mountaineering pada kedalaman sungai 12 meter.

Selanjutnya rescuer diturunkan untuk menjangkau Soni. Penarikan menggunakan sistem Z-rig dibantu oleh masyarakat sekitar sehingga memudahkan rescuer dan korban untuk mencapai tempat yang lebih aman. 

Evaluasi membuahkan hasil setelah berhasil menyelamatkan Soni jam 00.57 WIB. "Kondisi survivor (Soni) mengalami syok dan memar dibagian punggung sehingga langsung kami bawa ke RSUD Margono untuk penanganan lebih lanjut," terangnya. 

Dengan telah dievakuasinya survivor dalam keadaan selamat, maka operasi SAR dinyatakan ditutup. Seluruh unsur SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih.

Baca Juga: Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati Cilacap

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya