Markas Brimob Kroya Diresmikan, Bantu Amankan Perbatasan Jateng

Brimob Kroya punya ratusan personel

Cilacap, IDN Times - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memerintahkan kepada para personel Brimob di Kecamatan Kroya, Kecamatan Cilacap untuk turut terlibat mengamankan perbatasan Jawa Tengah dengan Jawa Barat. Sebab, mulai hari ini, Rabu (23/3/2022), Brimob wilayah Kroya telah memiliki markas baru yang berbentuk Batalyon 4 Yon B Pelopor. 

"Peningkatan kompi Brimob menjadi batalyon semata difungsikan untuk membantu harkamtibmas di wilayah Jateng terutama perbatasan Jawa Barat," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times. 

1. Brimob Kroya punya kekuatan 180 personel

Markas Brimob Kroya Diresmikan, Bantu Amankan Perbatasan JatengKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat membuka acara peresmian Markas Brimob Kroya. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Ia menuturkan dengan pembentukan batalyon, maka Brimob Kroya memiliki kekuatan dua kompi yang mencakup 180 personel.

Ia menjanjikan kekuatan personel Brimob Kroya akan terus ditambah dan dikembangkan lagi. Dalam waktu dekat Kabupaten Kebumen juga akan diberi kekuatan batalyon Brimob untuk meningkatkan kemampuan personelnya. 

"Maka selalu giat berlatih supaya bisa meningkatkan kemampuan, memberikan kepercayaan diri sebagai pasukan terlatih," terangnya. 

Baca Juga: Asmara, Nakes Bunuh Pacar dan Anaknya, Pura-pura Lapor ke Polda Jateng

2. Brimob perlu bangun soliditas dengan TNI

Markas Brimob Kroya Diresmikan, Bantu Amankan Perbatasan JatengIDN Times/Irfan Fathurohman

Tak cuma itu saja, katanya setiap personel Brimob perlu memelihara soliditas sekaligus sinergitas dengan stakeholder lainnya termasuk bersama aparat TNI. Menurutnya unsur TNI dan polri merupakan kesatuan yang tak terpisahkan. 

3. Brimob bertugas berikan penetrasi untuk ekskalasi tinggi

Markas Brimob Kroya Diresmikan, Bantu Amankan Perbatasan JatengBERJAGA. Pasukan Brimob berjaga di luar rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat, 10 Mei 2018. Foto oleh Adek Berry / AFP

Diharapkan pula bahwa dengan memperkuat soliditas sehingga mampu memberikan warna tersendiri di wilayah Cilacap. 

"Brimob bagian integral polri yang bertugas berikan penetrasi pelaksanaan ekskalasi tinggi yang tidak bisa dicover petugas polisi tugas umum," terangnya.

Pihaknya turut berpesan kepada Brimob, ciri pasukan terlatih adalah mampu digerakkan kapanpun dan dimanapun serta dengan hakekat ancaman apapun mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Baca Juga: Danjen Kopassus Temui Kapolda Jateng: Brimob Bisa Latihan di Kopassus

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya