Masjid Baiturahman Semarang Direnovasi, Hewan Kurban Disembelih di Islamic Center

Ganjar ikut Salat Ied di Simpang lima Semarang

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengikuti Salat Iduladha 1443 Hijriah di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang. Imam Salat Id di Lapangan Pancasila adalah Zaenuri Ahmad Al Hafidz dan khatibnya Rektor UIN Walisongo Semarang, Imam Taufiq.

"Sekarang bisa melaksanakan dan alhamdulillah juga tertib. Mudah-mudahan ada nilai yang bisa kita teladani bagaimana membangun solidaritas seperti yang disampaikan khatib," kata Ganjar usai Salat Id, Minggu (10/7/2022). 

1. Ganjar wanti-wanti warganya cek kesehatan hewan kurban

Masjid Baiturahman Semarang Direnovasi, Hewan Kurban Disembelih di Islamic CenterGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di saf terdepan saat Salat Ied di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar mengingatkan kembali kepada masyarakat yang hendak berkurban untuk memastikan hewan kurbannya benar-benar sehat. Hal itu ditegaskannya mengingat saat ini masih ada penyakit mulut dan kuku (PMK) yang berpotensi menular kepada hewan kurban seperti sapi, kerbau, dan kambing.

Ia mengatakan perlu kewaspadaan saat menyembelih hewan kurban di tengah penularan virus PMK. Sebab, hewan kurban bisa menulari virus tersebut. 

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Warga Muhammadiyah Jateng Dapat Daging Kurban Kaleng

2. Warga harus melibatkan dokter hewan

Masjid Baiturahman Semarang Direnovasi, Hewan Kurban Disembelih di Islamic CenterGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan keterangan usai salat Ied. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Maka dari itu, ia menyarankan kepada masyarakat supaya melibatkan dokter hewan untuk memeriksa hewan kurbannya.

"Untuk masyarakat yang mau berkurban harap berhati-hati karena ada hewan kurban yang hari ini tentu potensial bisa ketularan PMK. Harus berhati-hati. Betul-betul harus diperhatikan bahwa hewan kurbannya itu sudah diperiksa dokter hewan dan sudah sehat. Semuanya kita minta tertib termasuk dari proses penyembelihannya," akunya. 

3. Ada 11 sapi, seekor kerbau, dan 23 kambing kurban di Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturahman Semarang Direnovasi, Hewan Kurban Disembelih di Islamic CenterIlustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Rahmad)

Setelah Salat Id, Ganjar menyerahkan seekor sapi kurban kepada panitia Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. 

Per Sabtu (9/7/2022) pukul 22.00 WIB, jumlah hewan kurban di Masjid Baiturrahman sebanyak 11 sapi, seekor kerbau dan 23 kambing.

Panitia kurban Masjid Baiturrahman menyatakan, daging kurban nantinya akan dibagikan kepada fakir miskin, tukang becak, dan pedagang kaki lima lingkungan sekitar masjid.

4. Hewan kurban disembelih di Islamic Center Manyaran

Masjid Baiturahman Semarang Direnovasi, Hewan Kurban Disembelih di Islamic CenterWarga memotong daging kurban di di lingkungan RW 05 Perumahan Pasadena Kelurahan Kalipancur Ngaliyan. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Meski begitu, proses penyembelihan hewan kurban tidak bisa dilakukan di Masjid Baiturrahman. Musababnya, bangunan masjid saat ini masjid renovasi. 

Ketua YPKPI Masjid Baiturrahman, KH Ahmad Daroji mengungkapkan, semua hewan kurban, termasuk sumbangan dari Ganjar Pranowo nantinya disembelih di area Masjid Islamic Center, Kalipancur, Manyaran, Senin besok (11/7/2022).

"Penyembelihan hewan kurban tidak dilakukan di tempat ini. Masjid Baiturrahman belum diserahkan oleh pelaksana PUPR kepada kita, jadi kami belum berani menyembelih kurban di sini. Di Islamic Center lahannya juga lebih luas," kata Daroji. 

Baca Juga: Lika-liku Peternak Tegal Sukses Atasi Virus PMK: Kandang Ternak Diisolasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya