Mengenal Unissula, Kampus Islam yang Terinspirasi Perjuangan Raja Mataram

Jadi salah satu tempat roadshow IDN Times

Semarang, IDN Times-Tanggal 20 Mei 1962 menjadi momentum bagi sejumlah pengurus Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA). Sebab, di hari yang bertepatan dengan 16 Dzulhijjah 1381 Hijriyah, para pengurus yayasan untuk pertama kalinya meresmikan sebuah kampus yang berdiri di tepi Jalan Raya Kaligawe, Semarang.

Dari laman resmi unissula.ac.id, kampus itu dinamai Universitas Islam Sultan Agung atau disingkat Unissula. Nama yang dipilih pun tak sembarangan. 

 

1. Terinsipirasi perjuangan kepahlawanan Sultan Agung di masa lampau

Mengenal Unissula, Kampus Islam yang Terinspirasi Perjuangan Raja Mataramunissula.ac.id

Sultan Agung dipilih menjadi nama kampus itu lantaran pemikiran dan perjuangannya selama memimpin Kesultanan Mataram mulai dari 1613-1645. Sosoknya yang gagah perkasa terbukti mencintai negaranya serta sangat gigih melawan berbagai penjajah Belanda. 

Tak hanya itu saja, sebagai Raja Mataram yang religius mampu mengimplementasikan kehidupan beragama melalui akulturasi budaya yang bisa diterima oleh masyarakat setempat.  


Atas jasanya, pengurus YBWSA meniru semangat perjuangan membangun bangsa melalui dunia pendidikan bernafaskan ajaran Islam.

Baca Juga: Kuliah di UNISSULA Semarang? Kamu Pasti Paham Hal-Hal Ini

2. Unissula punya empat pilar pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai Islam

Mengenal Unissula, Kampus Islam yang Terinspirasi Perjuangan Raja Mataramimdb.com

Unissula hingga saat ini menjadi perguruan tinggi swasta di Indonesia yang telah meneguhkan dirinya sebagai World Class Islamic University. Caranya dengan memperkuat empat strategi pengembangan pendidikan sebagai ciri khas mereka.

Strategi yang dimaksud antara lain, pengembangan Budaya Akademik Islami (BudAi) yang berakhlaqul karimah, kemudian memperkuat kompetensi bahasa internasional bagi kalangan dosen maupun mahasiswanya. 

Jaringan pendidikan berskala internasional yang terjalin dengan kampus-kampus luar negeri juga telah dilakukan. Antara lain, Rotterdam University, Nantes University, BICOL University, University of Philippine, UERMMMC, Dongseo University, Changwon National University, Korea Radio Promotion and Assosiation, Nehru Group Institute hingga Budapest Business School.

Selanjutnya, yang terakhir Unissula juga mengedepankan diversifikasi kluster studi yang ditunjang fasilitas sarana yang memadai. Saat ini Unnisula memiliki areal lahan seluas 35 hektar dengan produk pendidikan unggulan yakni kesehatan, teknik, sosial dan pendidikan. 

3. Perkuat predikat World Class Islamic University, Unissula kini punya 12 fakultas unggulan

Mengenal Unissula, Kampus Islam yang Terinspirasi Perjuangan Raja MataramIDN Times/Fariz Fardianto

Kampus bercorak hijau tersebut kini punya 12 fakultas unggulan mulai Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Psikologi, Fakultas Bahasa, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dengan keunggulan tersebut, Unissula berharap mampu memberikan sumbangsih bagi bangsa Indonesia sekaligus memperkuat posisinya sebagai World Class Islamic University.

Baca Juga: Global Islamic Philantropy Serukan Gerakan Nasional Indonesia Dermawan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya