Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para Waliyullah

Tempat peristirahatan terakhir Mbah Moen 

Semarang IDN Times- KH Maimun Zubair telah tiada pada Selasa (6/8) subuh waktu Arab Saudi. Ulama sepuh yang sangat berpengaruh di kancah politik nasional itu meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji.

Jenazah Mbah Moen dimakamkan di Ma'la yang tak jauh dari Makkah. Ma'la sendiri berada di dataran tinggi bukit Jabal As-Sayyidah, dan bisa ditempuh sekitar 1,1 kilometer atau hanya 25 menit dari sisi utara Masjidil Haram.

1. Ma'la nama panjangnya Maqbarah Jannatul Ma’la

Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para WaliyullahKemenag.go.id/Bahauddin/MCH 2019

Ma'la menyimpan sejarah panjang sejak zaman Rasulullah SAW. Dilansir dari laman resmi NU Online, nama asli Ma'la adalah Maqbarah Jannatul Ma’la. Keluarga besar Nabi Muhammad SAW telah disemayamkan di tempat pemakaman tersebut. 

Baca Juga: Ini yang Terjadi di Makkah, 1 Jam Sebelum Mbah Moen Meninggal 

2. Mulai dari istri, kakek, anak hingga sahabat Rasulullah juga dimakamkan di sana

Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para WaliyullahPixabay

Ada Siti Khadijah Radhiyallahu ‘anha, istri pertama Rasulullah yang dimakamkan di Ma'la. Di lokasi yang sama, telah bersemayam dengan tenang kedua putra Nabi Muhammad, Al-Qosim bin Muhammad dan Abdullah bin Muhammad.

Kemudian, berturut-turut kakek Rasulullah, Abdul Muttalib bin Hasyim serta pamannya Abu Thalib juga dikuburkan di sana. Terdapat pula dua putra sahabat Nabi, Abu Bakar bin Shiddiq masing-masing Abdurrahman dan Asma.

Baca Juga: Mbah Moen Akan Dimakamkan Dekat Makam Istri Rasulullah

3. Menag Lukman Hakim memastikan Mbah Moen dimakamkan di Ma'la

Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para WaliyullahANTARA FOTO/Hanni Sofia

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam prosesi pemakaman jenazah Mbah Moen, mengatakan Ma'la sejak lama jadi lokasi pemakaman khusus warga Makkah.

“Di Ma’la biasanya hanya sebagai tempat pemakaman khusus orang-orang Makkah. Kami terus memastikan agar Mbah Moen bisa dimakamkan di sana," kata Lukman.

4. Di lokasi yang sama, juga ada kuburannya Syekh Muhammad Nawawi. Dialah ulama besar asal Indonesia

Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para Waliyullahtwitter.com/ofathurahman

Pihaknya pun memastikan bila jenazah Ketua Dewan Syuro PPP tersebut bisa dimakamkan di Ma'la. Ulama besar asal Indonesia Syekh Muhammad Nawawi Al-Bantani rupanya juga mendapat tempat peristirahatan terakhir di Ma'la.

Baca Juga: Sepeninggal Mbah Moen, PPP Beri Dua Pilihan Ini bagi Kadernya

5. Pernah dihancurkan oleh Raja Arab

Menyibak Keistimewan Ma'la, Tempat Pemakaman Para Waliyullahtwitter.com/lukmansaifuddin

Dahulu kala, ada cerita Ma'la dipenuhi dengan marmer yang indah dan batu putih, serta tempat-tempat suci yang menandai makam Khadijah, Abu Talib, dan lainnya.

Akan tetapi, sejak Raja Saudi, Abdul Aziz Al-Su’ud berkuasa pada 1925 silam, nisan besar dihancurkan. Kubah penanda makam Siti Khadijah juga dihancurkan oleh pemerintah Kerajaan Saudi dengan alasan tertentu. Praktis kini tinggal menyisakan tanah satu jengkal dan batu-batu kecil sebagai penanda makam.

Baca Juga: Kisah Mbah Moen, Berkelana Lintas Negeri & Buat Kitab Rujukan Santri

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya