Minta Restu Acara Srawung, Para Pastor dan Pendeta Temui Ganjar Pranowo

Acara srawung lintas agama diadakan awal Juni 2022

Semarang, IDN Times - Sejumlah pastor gereja Katolik dan pendeta bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Kantor Gubernuran, Jalan Pemuda Semarang. Pertemuan tersebut diikuti Kordinator Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, Romo Eduardus Didik Chahyono SJ, perwakilan Vikep Semarang, Romo FX Sugiyana Pr, dan Pastor Paroki Gereja Katedral Semarang, Romo Herman Yosef Singgih.

Kemudian hadir pula Sangha Agung-Jawa Tengah yang mewakili umat Buddha, Samaneri Thira Nimmala Dhamma Kalyani selaku dan seorang wanita penghayat kepercayaan, Dwi Setiyani Utami, dan perwakilan Gereja Gereformeerd Kalisari Semarang, pendeta Rahmat Paska Rajagukguk.

1. Romo Didik berharap Ganjar datang di acara srawung lintas agama

Minta Restu Acara Srawung, Para Pastor dan Pendeta Temui Ganjar PranowoPara pastor pendeta dan penghayat berfoto bareng Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Koordinator Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang, Romo Eduardus Didik mengatakan, Gereja Katolik selama ini berusaha menularkan semangat kerukunan di kalangan orang muda. 

Kedatangannya menemui Ganjar Pranowo dimaksudkan untuk menghimpun dukungan untuk mengadakan acara srawung lintas agama yang akan digelar 1 Juni 2022.

"Kami berharap pak gubernur dapat mendukung dan mendorong orang muda untuk ikut serta," kata Romo Didik saat dikonfirmasi IDN Times

Baca Juga: Teladani Sikap Yesus, Seorang Pastor di Semarang Cuci Kaki Suster Lansia

2. Acara srawung lintas agama digelar 1 Juni 2022

Minta Restu Acara Srawung, Para Pastor dan Pendeta Temui Ganjar PranowoIlustrasi (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Lebih jauh lagi, acara srawung lintas agama akan diikuti para peserta dari semua perwakilan umat agama di Semarang. Acaranya bertajuk Srawung Orang Muda Lintas Agama dan Kepercayaan. 

Jika sesuai jadwal, acara srawung diawali Refleksi Pancasila pada 1 Juni 2022. Kemudian tanggal 1--3 Juli 2022 diadakan interfaith youthcamp. Untuk selanjutnya, diakhiri peringatan Sumpah Pemuda pada 30 Oktober 2022.

3. Vikep Semarang lega dengan tindakan Ganjar

Minta Restu Acara Srawung, Para Pastor dan Pendeta Temui Ganjar PranowoSeorang romo memberikan kenang-kenangan bagi Ganjar Pranowo usai bertemu di Kantor Gubernuran. (Dok Pemprov Jateng)

Perwakilan Vikep Semarang, Romo FX Sugiyana selama ini lega dengan usaha Ganjar Pranowo yang sudah menjaga dan merawat kerukunan di Jawa Tengah.

"Monsinyur Robertus Rubiyatmoko merasa gembira selalu melibatkan dan menghadirkan Gereja Katolik dalam berbagai acara. Bapa Uskup menyampaikan selamat merayakan Idulfitri dan mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan umat Katolik dalam hidup bermasyarakat di Jawa Tengah," jelasnya. 

4. Ganjar bersyukur silaturahmi umat beragama hangat

Minta Restu Acara Srawung, Para Pastor dan Pendeta Temui Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dicukur gundul saat Hari Kanker Anak Sedunia. (IDN Times/Humas Pemprov Jateng)

Terpisah, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo juga berterima kasih atas keterlibatan tokoh agama dalam menjaga kerukunan dan mendukung program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

"Saya bersyukur jalinan silaturahmi umat beragama di Jawa Tengah sangat hangat. Saya pernah mendapat video ketika berkunjung ke keuskupan dan disambut orang muda lintas agama. saya mendapatkan kiriman dari teman di luar negeri dan komentarnya keren. Saya menjawab, wah itu biasa di sini saling berkunjung. Semoga bisa ditiru di tempat lain,” paparnya. 

Baca Juga: Rumor Dipasangkan dengan Ganjar, Airlangga: Jalan Masih Panjang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya