Mudik Gratis, 1.982 Penumpang Kapal Roro Tiba di Tanjung Emas 

Pemudik dapat makan dua kali di kapal

Semarang, IDN Times - Para pemudik yang naik kapal Roro dari Tanjung Priok Jakarta, Jumat (31/5) tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Terdapat 1.982 penumpang kapal Roro Dobonsolo yang merapat di dermaga samudera Tanjung Emas.

Ribuan pemudik tersebut menggunakan program mudik gratis via jalur laut agar dapat pulang ke kampung halamannya. Raut wajah lelah tampak saat mereka turun dari KM Dobonsolo. Maklum, mereka baru saja menempuh perjalanan 15 jam dari Jakarta. 

1. Pemudik puas dengan fasilitas layanan di dalam kapal

Mudik Gratis, 1.982 Penumpang Kapal Roro Tiba di Tanjung Emas ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Baca Juga: Pemudik Bermotor di Pelabuhan Merak Paling Ramai pada Malam Hari

Mulyadi salah satunya. Seorang pemudik asal Magelang ini mengaku senang bisa kembali ikut program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah. Tahun ini, katanya, merupakan mudik kedua dengan kapal yang dia ikuti.

"Dari Jakarta sejak kemarin sore, ini alhamdulillah sudah tiba di Semarang. Enak naik kapal, selain gratis juga bisa bawa motor," kata Mulyadi.

Mulyadi harus menempuh perjalanan hingga 15 jam dari Jakarta dan tiba di Semarang pagi tadi. Dia menganggap semua fasilitas yang diberikan oleh pengelola kapal sangat baik dan menyenangkan. Salah satunya, selama di kapal pemudik mendapat dua kali makan.

"Tempatnya nyaman, dapat makan juga dua kali. Menunya enak-enak, ada rendang, ayam, sayur dan lainnya," ujar Mulyadi.

2. Mudik gratis bisa memangkas ongkos perjalanan

Mudik Gratis, 1.982 Penumpang Kapal Roro Tiba di Tanjung Emas IDN Times/Rangga Erfizal

Baca Juga: PT ASDP Siapkan 57 Kapal Penyeberangan Jawa-Bali Selama Mudik

Herman Fajar, seorang pemudik lainnya mengungkapkan hal serupa. Ia yang akan mudik ke Sragen tersebut sangat terbantu dengan program yang diberikan oleh pemerintah. Dia mengatakan bebannya menjadi ringan saat ikut mudik gratis naik kapal.

"Kalau mudik mandiri, saya dan keluarga minimal butuh biaya transport Rp2 juta sekali berangkat. Alhamdulillah ini difasiltasi gratis, nanti arus balik ke Jakarta juga akan naik kapal ini lagi," tuturnya.

Menurut dia, uang transportnya akan ia gunakan untuk kebutuhan lain seperti memberi fitrah kepada sanak keluarganya di kampung halaman.

3. Ganjar berharap pemerintah tambah kapal buat arus mudik

Mudik Gratis, 1.982 Penumpang Kapal Roro Tiba di Tanjung Emas IDN Times/M.Idris

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan program mudik gratis merupakan bantuan Kemenhub. Tujuannya untuk mengangkut pemudik asal Jateng yang bekerja di Jakarta dan sekitarnya pulang ke kampung halaman masing-masing.

"Saya senang karena program ini disambut antusias masyarakat. Lihat saja wajah-wajah para pemudik yang semuanya bahagia. Maka kita dorong masyarakat agar menerapkan pola ini setiap tahunnya," kata Ganjar.

Ganjar berharap program ini diterima masyarakat dengan baik. Pada arus balik Lebaran nanti, masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan layanan mudik gratis menggunakan kapal laut ini.

"Kalau animo masyarakat tinggi, nanti kami akan minta pemerintah pusat untuk menambah kapalnya," ujar Ganjar. 

Baca Juga: Kemenhub Akan Berlakukan Sistem Ganjil-Genap di Merak-Bakauheni

Topik:

Berita Terkini Lainnya