Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung Sungai

Jenazah atlet perahu naga ditemukan oleh warga

Cilacap, IDN Times - Sebuah insiden terjadi dalam ajang lomba perahu naga bertajuk Dragon Boat Championship 2021 di Sungai Tipar, Kecamatan Adipala, Cilacap, Minggu petang (12/12/2021). 

Suara riuh warga yang memberi semangat kepada para atlet perahu naga seketika menjadi jeritan histeris setelah dua perahu saling bertabrakan di bawah Jembatan Sungai Tipar. Informasi dari Basarnas Cilacap menyebutkan dua perahu yang bertabrakan terjadi pada jam 17.50 WIB.

1. Dua perahu naga bertabrakan saat mendekati garis finish

Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung SungaiPara penonton menyaksikan perahu naga yang terlibat insiden tabrakan dari atas Jembatan Sungai Tipar, Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Latief, seorang personel Basarnas Cilacap yang berada di lokasi kejadian mengatakan kecelakaan tersebut dialami perahu naga yang dinaiki dua atlet bernama Leo Ferdinan dan Adit Purnomo.

"Saat kejadian sebenarnya perahunya nyaris sampai ke garis finish. Tapi dari laporan yang masuk, ada perahu yang bertabrakan dengan tim lainnya. Sehingga salah satu perahunya terbalik. Indikasi sementara memang murni kecelakaan," kata Latief saat dikontak IDN Times.

Baca Juga: Kapal Angkut Pupuk Terbakar di Cilacap, Bawa 26 ABK 

2. Ada dua atlet perahu naga yang tercebur sungai

Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung SungaiDua personel Basarnas Cilacap melacak tubuh atlet perahu naga yang tercebur sungai memakai senter. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Latief bilang setidaknya ada 12 atlet yang berpartisipasi dalam lomba Dragon Boat Championship. Lomba perahu naga yang dihelat di aliran Sungai Tipar, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala tersebut merupakan acara lokal yang diadakan oleh pihak Kecamatan Adipala.

Latief mengaku setelah bertabrakan, atlet perahu naga bernama Leo Ferdinan dan Adit Purnomo langsung tercebur ke dalam sungai.

Menurutnya upaya pencarian saat ini sedang dilakukan di sepanjang aliran Sungai Tipar. "Satu orang sudah ditemukan, tapi yang satu lagi belum. Pencarian masih nihil," tambahnya.

3. Warga temukan tubuh Leo Ferdinan memakai jaring

Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung SungaiJenazah atlet perahu naga bernama Leo Ferdinan dibawa masuk ambulans. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Kepala Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya menyatakan tubuh Leo Ferdinan berhasil ditemukan oleh warga sekitar jam 18.55 WIB. Leo ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. 

"Atlet atas nama Leo ditemukan warga memakai jaring. Lokasi penemuannya di sekitar hilir jembatan atau berjarak 50 meter dari tempat kejadian," kata Nyoman dalam keterangan kepada IDN Times secara terpisah.

4. Satu atlet perahu naga lainnya belum ditemukan

Nyaris Finish, Perahu Naga Saling Tabrakan, 2 Atlet Kecemplung SungaiTim SAR masih berusaha mencari atlet perahu naga yang tenggelam di Sungai Tipar Cilacap. (Dok Humas Basarnas Cilacap)

Jenazah Leo, katanya kini telah dievakuasi oleh personel Basarnas gabungan dan dibawa ke Puskesmas Adipala. Pihaknya masih berusaha mencari satu korban lagi atas nama Adit Purnomo dengan mengerahkan sejumlah personel ke Sungai Tipar.

Baca Juga: Penyidikan Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap, Petugas Listrik Diperiksa Polisi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya