Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur Lebaran

Heli Dhoulpin ditempatkan di Tol Kalikangkung

Semarang, IDN Times - Tak kurang 500 relawan dan personel SAR Semarang yang memiliki kemampuan menyelam disiagakan penuh untuk mengantisipasi kecelakaan di obyek wisata air saat musim libur Lebaran 2022. 

1. Para penyelam SAR akan patroli di lokasi wisata air

Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur LebaranSejumlah personel Basarnas Semarang saat mengikuti apel siaga menyambut arus mudik 2022. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Para penyelam tersebut disebar di berbagai lokasi obyek wisata terutama sejumlah pantai yang berpotensi dipadati para wisatawan.

Antisipasi dilakukan saat acara sedekah laut Lomban di Kabupaten Jepara dan acara perayaan Syawal di Rembang 

"Sebagian besar personel dan potensi relawan punya sertifikat menyelam berkualitas terbaik. Jumlahnya kalau keseluruhannya ada 500 orang. Mereka inilah yang akan berpatroli memantau kegiatan wisatawan di obyek wisata air, sehingga insiden kecelakaan bisa diminimalisir," kata Heru Suhartanto, Kepala Kantor SAR Semarang, Selasa (26/4/2022). 

Baca Juga: Pakai Google Maps, Personel SAR Semarang Temukan Warga Hanyut Sejauh 19 Km

2. SAR Semarang berusaha cegah tragedi kecelakaan wisata air

Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur LebaranApel siaga tim Basarnas Semarang di kawasan Gondoriyo Ngaliyan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, ia menyampaikan pihaknya patut mewaspadai aktivitas liburan di tempat-tempat wisata air mengingat pada momentum Lebaran 2021 kemarin tragedi di Waduk Kedung Ombo telah memakan korban jiwa. 

Ia mengatakan tak mau kecolongan dengan peristiwa serupa. Sehingga, personelnya telah disiagakan penuh untuk mencegah terjadinya kecelakaan air yang memakan korban jiwa. 

"Kita juga mengerahkan dua kapal salah satunya KN Sadewa, lima RIB dan tujuh truk, perahu dan alat pendukung lainnya untuk ditempatkan di pantai maupun pelabuhan. Kita sudah memetakan semua obyek wisata air menjadi titik rawan saat libur Lebaran nanti. Dan juga jalur pendakian patut mendapat perhatian tersendiri," ungkapnya. 

3. Satu helikopter berfungsi beri pertolongan darurat di jalan tol

Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur LebaranBasarnas Bali melakukan pencarian dengan menggunakan helikopter (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Heru menambahkan kekuatan personelnya tahun ini mendapat tambahan bantuan berupa sebuah helikopter rescue Dauphin AS- 365 N3 + (HR 3606) yang disiagakan di Pintu Tol Kalikangkung. 

Helikopter milik SAR akan dimanfaatkan untuk melakukan penyelamatan terhadap korban kecelakaan di jalan tol yang membutuhkan evakuasi darurat. 

"Kita perkiraan antusiasme masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Peningkatan arus kendaraan dari luar kota juga akan terjadi luar biasa. Maka Basarnas pusat telah mengerahkan lima helikopter salah satunya ditempatkan di Tol Kalikangkung. Jadi jika ada pemudik yang terlibat kecelakaan di tengah jalan tol yang butuh pertolongan darurat, maka kita akan operasikan helikopter untuk membawanya lewat jalur udara. RS Kariadi sudah siaga sebagai rumah sakit rujukan saat mudik dan libur Lebaran," terangnya. 

4. Basarnas Cilacap pakai AquaEye untuk lacak korban tenggelam

Para Penyelam SAR Semarang Disiagakan Cegah Insiden Wisata Air saat Libur LebaranSeorang personel Basarnas Cilacap mendeteksi kedalaman Sungai Telomoyo pakai alat khusus. (IDN Times/Humas Basarnas Cilacap)

Sementara itu, I Nyoman Sidakarya, Kepala Basarnas Cilacap menyatakan ada 64 personelnya yang siaga penuh saat arus mudik sampai libur Lebaran. Tim SAR bersiaga 21 hari sampai 12 Mei 2022. Pengamanan akan dilakukan di titik rawan kemacetan dan kecelakaan. 

Kesiapsiagaan personel Basarnas Cilacap didukung tiga RIB, Rescue Car, Rescue Carrier, Rescue Car Compartement, Rescue Truck, ATV Big Patrol, Rubber Boat, Jukung Katir. 

"Kita juga menyiagakan peralatan AquaEye, Rescue Net dan Underwater Searching Device untuk pengamanan di obyek wisata air dan laut yang berfungsi untuk pendeteksi benda di dalam air," tegasnya. 

Baca Juga: Penyisiran Pakai Perahu, Basarnas Cilacap Temukan 2 Bocah Meninggal

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya