Para Relawan Targetkan Anies Baswedan Raih Suara 70 Persen di Jateng

Relawan Anies masuk ke basis massa PDIP

Semarang, IDN Times - Para relawan yang tergabung dalam Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) membidik perolehan suara bagi bakal calon presiden, Anies Rasyid Baswedan di Jawa Tengah sebesar 57--70 persen. Strategi pemenangan bagi Anies Baswedan saat ini semakin dimatangkan dengan merangkul para tokoh agama, tokoh masyarakat sampai membentuk relawan tingkat kecamatan dan kelurahan. 

1. Relawan Anies Baswedan akan terbentuk sampai TPS

Para Relawan Targetkan Anies Baswedan Raih Suara 70 Persen di JatengKetua Relawan Anies Jateng, Joko Purnomo. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua Relawan Anies Jateng, Joko Purnomo menuturkan, sampai sekarang total relawan Anies Baswedan yang ada di wilayahnya telah mencapai 930 orang. 

Menurutnya kepengurusan relawan Anies telah terbentuk di 22 kabupaten/kota.

"Kita terus upayakan lakukan pengembangan jaringan. Besok kita deklarasikan relawan di Tegal dan Blora. Lalu pekan depan menyasar ke Salatiga, Solo, Wonogiri. Ini kita kerjakan tanpa pernah berhenti. Target kita bisa membentuk sampai tingkat TPS," ungkap Joko usai pengukuhan Relawan Anies Jateng di Hotel Grasia Semarang, Sabtu (17/12/2022).

2. Bidik kemenangan suara Anies lebih dari separuh

Para Relawan Targetkan Anies Baswedan Raih Suara 70 Persen di JatengPara relawan Anies Baswedan wilayah Jawa Tengah saat dikukuhkan di Hotel Grasia Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, ia menyatakan setiap ormas kepemudaan telah diajak berkolaborasi untuk memenangkan perolehan suara Anies Baswedan. Selain itu, terdapat juga soliditas dari para tokoh agama, tokoh masyarakat dan unsur elemen lainnya. 

Joko mengatakan, telah membidik pemenangan suara Anies Baswedan sebesar 70 persen di semua wilayah Jateng. 

"Target kita menangkan perolehan suara Anies Baswedan 57 persen atau kalau bisa 70 persen," ujar Joko. 

3. Relawan Anies diminta solid

Para Relawan Targetkan Anies Baswedan Raih Suara 70 Persen di JatengBakal calon presiden yang diusung NasDem, Anies Rasyid Baswedan saat berbicara dalam sesi video conference yang disaksikan para relawannya di Kota Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ketua DPP Relawan Anies, Laode Basir menjelaskan, pemantapan kepengurusan relawan Anies Baswedan telah dilakukan di berbagai daerah. Ia juga telah mengadakan rakorwil di Sumatera Barat, Kalimantan Barat dan Jawa Tengah. 

"Para relawan harus punya jaringan yang luas. Harus bisa menjangkau TPS. Kemudian perlu ada soliditas pengurus relawan. Hari ini ada 68 orang pengurus Relawan Anies Jateng. Untuk di tingkat pusat pengurusnya 98 orang. Lalu pembentukan pengurus relawan kabupaten/kota minimal 30 orang, kecamatan minimal 20 orang, di desa minimal 15 orang dan masing-masing TPS ada 10 orang," cetusnya. 

4. Relawan Anies sudah ada di 34 provinsi

Para Relawan Targetkan Anies Baswedan Raih Suara 70 Persen di JatengAnies Baswedan usai Salat Jumat di Balai Kota DKI Jakarta (Dok. Istimewa)

Laode menekankan, setiap relawan Anies Baswedan mesti memiliki karakter heterogen. Yang artinya menyasar semua kalangan mulai laki-laki, perempuan dan semua komunitas. 

Disinggung soal posisi Jawa Tengah sebagai kandang banteng atau basis massa PDIP, ia mengaku semua daerah harus dibidik untuk memenangkan Anies Baswedan di putaran Pilpres 2024.

"Di Indonesia ada 34 provinsi sudah terbentuk relawan Anies. Dan bagi kami tidak ada kandang banteng, semuanya harus bisa dimasuki. Kami tugasnya menyosialisasikan, menyampaikan gagasan dan apa saja keunggulannya. Karena itulah, masyarakat Indonesia tidak boleh sembarangan memilih pemimpin," ujar Laode.

Ia optimistis dengan pemantapan struktur relawan di tiap daerah, maka Anies Baswedan akan menang di Pilpres tahun 2024 mendatang. 

"Kampanye baru dimulai 28 November 2023 atau H-78. Tahapan pendaftaran mulai Oktober 2023. Sisanya adalah masa abu-abu sesuai undang-undang. Sehingga kami konsolidasikan relawan. Insyallah hasil tidak akan mengkhianati usaha," tegasnya. 

Baca Juga: Relawan Anies Sebut Jawa Tengah Jadi Medan Terberat Pilpres 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya