Pasca Kerusuhan di Pasar Kliwon Solo, Ganjar: Yang Merusak Harus Ditindak

Ganjar sayangkan atas kasus ini

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar aparat penegak hukum menindak pelaku perusakan di kediaman keluarga almarhum Assegaf al Jufri di Pasar Kliwon, Solo. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kapolda Jateng, intelejen dan pihak penegak hukum untuk mengusut kasus tersebut. 

Penyerangan tersebut bukanlah yang pertama kali terjadi di Kota Solo. Sebelumnya juga pernah ada kejadian serupa.

1. Ganjar minta penegak hukum tak usah ragu-ragu

Pasca Kerusuhan di Pasar Kliwon Solo, Ganjar: Yang Merusak Harus DitindakRobot RAMA ciptaan mahasiswa Polines Semarang uji coba dihadapan Ganjar Pranowo. Humas Jateng/Slam

Menurutnya aparat penegak hukum tak perlu ragu-ragu guna menindak siapa pun yang merusak atau melanggar regulasi yang berlaku saat ini.

"Iya, betul (tidak hanya sekali terjadi). Maka penegakan hukumnya tidak boleh diragukan. Siapa yang kemudian merusak atau melanggar regulasi-regulasi ini tidak usah ragu, ditindak saja," ujarnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (10/8/2020).

"Kita butuh baik kok negeri ini. Kita butuh baik maka pembinaan kita lakukan. Ketika kemudian kesepakatan dulu baik-baik, mau melakukan, dan seterusnya tetapi faktanya tidak, ya sudah ditindak saja di pelakunya. Tidak usah ragu-ragu," tambahnya.

Baca Juga: Ricuh di Kediaman Assegaf, Habib Jadi Korban Pemukulan, Gusdurian Desak Pelaku Diusut

2. Ganjar sayangkan munculnya kerusuhan di Pasar Kliwon Solo

Pasca Kerusuhan di Pasar Kliwon Solo, Ganjar: Yang Merusak Harus Ditindakbonvoyagejogja.com

Ia mengaku sangat menyayangkan ulah segelintir kelompok yang memancing kerusuhan hingga merusak fasilitas di rumah keluarga almarhum Assegaf. 

Padahal di sisi lain, ia menekankan bahwa bulan Agustus mestinya diisi dengan kegiatan yang membingkai persatuan. Rakyat Indonesia seharusnya menunjukan sikap Bhinneka Tunggal Ika. 

"Kita sayangkan. Kenapa di bulan Agustus, di mana kita ber-Bhinneka Tunggal Ika, butuh persatuan, ada yang melakukan itu. Mbok iyao, kalau ada yang tidak benar itu koordinasi dengan kami. Kami sangat menyayangkan," bebernya. 

3. Para korban yang terluka diharapkan bisa cepat sembuh

Pasca Kerusuhan di Pasar Kliwon Solo, Ganjar: Yang Merusak Harus Ditindak(Ilustrasi pengeroyokan) Shutterstock

Pihaknya berharap agar para korban yang terluka bisa lekas sembuh. Pihaknya juga mendukung proses penegakan hukum atas kasus tersebut. 

"Semoga siapa pun yang luka segera sembuh dan kami sudah koordinasi dengan penegak hukum, Kapolda sendiri juga sudah menyampaikan kepada saya tahapan-tahapan yang sedang dilakukan. Saya dukung penuh untuk penegakan hukum itu," jelasnya.

Baca Juga: Penularan Virus Corona Jepara Tertinggi di Jateng, Ganjar: Berbahaya!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya