Pekan Depan PDIP Umumkan Rekomendasi Bacalon Pilkada, Gibran Masuk? 

Rekom untuk Solo masih dirahasiakan

Semarang, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan rekomendasi untuk para kandidat di bursa Pilkada 2020 bakal diberikan oleh Ketum Megawati Soekarnoputri pada pekan depan. Termasuk rekomendasi untuk bakal calon kepala daerah yang bakal maju di Pilkada Serentak Jawa Tengah 2020.   

1. Pekan depan ada 45 rekom yang diberikan oleh DPP PDIP

Pekan Depan PDIP Umumkan Rekomendasi Bacalon Pilkada, Gibran Masuk? Kantor DPP PDIP Jakarta. IDN Times/Fitang Budhi Aditya

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP, Bambang Wuryanto mengatakan rekomendasi akan diberikan tiga tahapan. Untuk bulan ini akan diturunkan 45 rekomendasi bagi para pasangan calon (paslon) walikota, wakil walikota maupun bupati seluruh Indonesia. 

"Minggu depan ini akan diberikan rekomendasi dari DPP. Ada 45 kandidat. Kemudian rekomendasi kedua minggu pertama Maret dan tahap ketiga akhir Maret," ujar Bambang Pacul sapaan akrabnya, Sabtu (15/2). 

Baca Juga: Gibran Ingin Senior PDIP Jadi Calon Wakilnya di Pilkada Solo

2. Bambang Pacul beri sinyal Jateng juga dapat rekom bulan ini

Pekan Depan PDIP Umumkan Rekomendasi Bacalon Pilkada, Gibran Masuk? Rakornas dan HUT ke-47 PDIP (Dok. Istimewa)

Bambang bilang di tahap pertama rekomendasi, salah satunya akan diberikan bagi Jawa Tengah. Ia berkata semua rekomendasi akan diberikan H-6 bulan sebelum masa coblosan. "Jadi H-6 bulan sebelum coblosan, rekomendasi dari ketua umum DPP partai sudah clear. Jateng ada yang ikut tahap pertama," ujarnya. 

Kendati demikian, pihaknya merahasiakan jumlah rekomendasi yang akan diturunkan untuk kandidat di Jateng. Setelah semua rekomendasi kelar, ia kemudian mematangkan pemenangan bagi para paslon. 

3. PDIP Jateng rahasiakan rekomendasi buat Solo

Pekan Depan PDIP Umumkan Rekomendasi Bacalon Pilkada, Gibran Masuk? Gibran Rakabuming Raka (IDN Times/Larasati Rey)

Persiapan strateginya dilakukan selama 5,5 bulan. Ia mengaku kunci kemenangan Pilkada ada pada persiapan paslon. 

"Untuk Surakarta tidak bisa dibocorkan. Kota Semarang mudah-mudahan masuk (rekomendasi) tahap satu. Karena evaluasi untuk petahana kinerjanya bagus. Agaknya susah dilawan dan hampir pasti setiap partai punya pandangan sama. Karena ilmu membacanya juga sama," terangnya. 

4. Bambang Pacul: Kita punya kans menang 15 kabupaten

Pekan Depan PDIP Umumkan Rekomendasi Bacalon Pilkada, Gibran Masuk? Kantor DPP PDIP (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Pacul menjelaskan setiap rekomendasi akan turun satu paket. DPP, ujarnya akan langsung melakukan penunjukan. 

Ia menargetkan kemenangan Pilkada 2020 di 15 kabupaten/kota di Jateng. "Dari obrolan dengan Mbak Puan, saya tegaskan kans menang di 15 kabupaten. Semuanya Sudah ditelaah satu persatu," kata Pacul. 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya