Comscore Tracker

Pelaku Pembakar Lahan di Kaki Gunung Sumbing Diburu Aparat

Lima hektar lahan terbakar

Semarang, IDN Times- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian di tiga kabupaten untuk mengejar pelaku pembakar lahan di lereng Gunung Sumbing.

1. Membakar lahan untuk memicu kegaduhan

Pelaku Pembakar Lahan di Kaki Gunung Sumbing Diburu AparatIDN Times/Andra Adyatama

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto mengungkapkan, pelaku disinyalir sengaja membakar lahan milik Perhutani untuk memicu kegaduhan selama musim kemarau.

"Ada seorang warga yang nekat membakar lahan, nah modusnya apa, saat ini sedang kami telusuri. Yang jelas ada unsur kesengajaan dalam aksi bakar lahan sehingga membuat kobaran api merembet seluas lima hektare di Sumbing tadi pagi," kata Sudaryanto saat berbincang dengan IDN Times, Senin (12/8).

Baca Juga: Kebakaran di Gunung Sumbing Berpotensi Meluasnya Titik Api

2. Tiga unit Polres sedang melacak keberadaan pelaku

Pelaku Pembakar Lahan di Kaki Gunung Sumbing Diburu AparatDok. BNPB

Pihaknya mengaku telah dibantu oleh aparat dari Polres Magelang, Temanggung dan Wonosobo untuk meringkus pelaku. Saat ini keberadaan pelaku sedang dilacak di beberapa titik kecamatan.

Pihaknya menyayangkan masih ada warga yang abai terhadap situasi kemarau panjang yang mampu memicu kebakaran lahan. Seharusnya, kata Sudaryanto warga lebih cermat dalam membuka lahan. Salah satunya dengan melihat perubahan iklim yang terjadi saat ini.

Baca Juga: Kebakaran di Lereng Gunung Sumbing, Semua Jalur Pendakian Ditutup

3. Kerugian akibat pembakaran lahan sedang dihitung

Pelaku Pembakar Lahan di Kaki Gunung Sumbing Diburu AparatDok.IDN Times/Istimewa

Lebih jauh lagi, Sudaryanto saat ini masih berkoordinasi dengan Perhutani untuk menaksir kerugian yang dialami akibat kebakaran lahan di Sumbing. 

"Tentunya banyak cemara yang ada di sana hangus terbakar. Ini sebuah kerugian tersendiri yang harus ditanggung oleh negara. Untuk kasus yang satu ini, kami akan mengusutnya sampai tuntas. Sebagai efek jera bagi pelakunya," tegasnya.

Baca Juga: Masih Ada Titik Api, Tim Gabungan Sisir Kawasan Gunung Sumbing

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Febriana Sintasari

Just For You