Penumpang Kapal Meningkat, KSOP Semarang Kurangi Penumpukan di Tanjung Emas

KSOP awasi kondisi armada kapal

Semarang, IDN Times - Para petugas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Emas Semarang mempertebal pengawasan di areal Pelabuhan Tanjung Emas selama arus mudik Lebaran Lebaran 2022 nanti.

Pengawasan difokuskan pada kedatangan penumpang kapal supaya tidak muncul penumpukan di terminal kedatangan Pelabuhan Tanjung Emas. 

"Kita harus mengetahui potensi armada yang ada saat ini untuk mengurangi risiko penumpukan penumpang di pelabuhan," kata Pelaksana Harian Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, Tri Jotho Sukristiyono, Kamis (21/4/2022).

1. KSOP Semarang bangun posko mudik sampai 18 Mei 2022

Penumpang Kapal Meningkat, KSOP Semarang Kurangi Penumpukan di Tanjung EmasApel siaga yang digelar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Dok Humas Pelindo Semarang)

Ia menekankan, kepada semua personel di lapangan untuk rutin memantau informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai langkah deteksi gangguan cuaca di laut selama arus mudik. 

Saat ini, KSOP sudah mendirikan posko mudik di Pelabuhan Tanjung Emas. Keberadaan posko mudik itu untuk mempermudah pengawasan sekaligus mengontrol para penumpang kapal supaya tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Posko mudik akan difungsikan sampai 18 Mei 2022," ungkap Tri. 

Baca Juga: 69 Perahu Nelayan Kendal Diperiksa KSOP, Satu Unit Tidak Layak

2. Kedatangan penumpang kapal melonjak 142 persen

Penumpang Kapal Meningkat, KSOP Semarang Kurangi Penumpukan di Tanjung EmasSejumlah calon penumpang duduk di kabin penumpang Kapal Motor (KM) Doro Londa tujuan Makassar dan Bitung sebelum berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (23/4/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Berdasarkan data kedatangan penumpang kapal per Maret 2022, Tri bilang, sudah ada peningkatan yang signifikan daripada kondisi tahun 2021 silam hanya ada 26.427 jiwa. 

Ia menyebut peningkatan penumpang kapal di bulan Maret mencapai 142 persen atau setara dengan jumlah 58.371 jiwa.

"Pengawasan standar kesehatan menjadi faktor utama untuk kelancaran arus mudik tahun ini," terangnya. 

3. Pelindo sebarluaskan info mudik via media sosial

Penumpang Kapal Meningkat, KSOP Semarang Kurangi Penumpukan di Tanjung EmasGM Pelindo Semarang Hardiyanto saat bertemu dengan Plh Kepala KSOP Semarang di Pelabuhan Tanjung Emas. (Dok Humas Pelindo Semarang)

General Manager Pelindo III Sub Regional Jawa Pelabuhan Tanjung Emas, Hardianto berjanji akan menyediakan media informasi melalui media sosial secara berkala. Pihaknya juga menyediakan alat pemeriksaan kesehatan untuk memastikan para petugas yang tetap sehat dalam menjalankan tugas. 

"Kita harus pastikan penumpang  selalu disiplin protokol kesehatan selama perjalanan mudik lebaran, terutama ketika tiba di Tanjung Emas," tukasnya. 

Baca Juga: Jurus Bea Cukai Tanjung Emas Tingkatkan Pamor Produk Olahan Kayu

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya